Dukung Kostratani, BBPP Binuang Gelar Pelatihan Teknis Penyuluh Pertanian

SAMARINDA, MK - Mendukung program Kostratani, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang menggelar pelatihan teknis bagi penyuluh pertanian. Pelatihan Angkatan ke-2 ini diikuti 30 peserta.
Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, 6 hingga 8 Februari 2020 ini dilaksanakan di Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kota Samarinda, Kalimantan Timur.
Pelatihan teknis bagi penyuluh pertanian ini merupakan wujud nyata BBPP Binuang dalam meningkatkan SDM Pertanian yang ada di Kalimantan dengan fokus program Kostratani. 
Kostratani sendiri merupakan program pembangunan pertanian berbasis teknologi informasi dalam rangka meningkatkan produktivitas dan pendapatan yang bermuara pada kesejahteraan petani. Ini adalah program Kementerian Pertanian (Kementan) dengan pendekatan yang baru dan lebih modern.
Kepala Dinas Pertanian Kota Samarinda, Endang Liansyah memaparkan, Kostratani dibuat untuk mengoptimalkan tugas, fungsi dan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) dalam menggerakan pembangunan pertanian di tingkat kecamatan. 
"Tak hanya itu, di sisi lain Kostratani juga berfungsi sebagai monitoring perkembangan pertanian di seluruh kecamatan," tuturnya.
Endang juga dengan senang hati menerima kehadiran pelatihan dari BBPP Binuang. Ini dibuktikan dengan support dalam hal upaya penyedian fasilitas dan kehadiran dalam pembukaan pelatihan ini.
Menurut Endang, penyuluh pertanian harus sering melakukan praktik di lapangan, karena dengan praktik maka ilmu yang didapat akan lebih cepat diingat dibandingkan dengan memahami dan menghapal teori yang ada.
"Namun semua tindakan harus diawali dengan teori dan konsep yang harus dipahami dan dipelajari," imbuhnya.
Emdang juga menginginkan agar penyuluh pertanian lebih sering mengikuti pelatihan-pelatihan yang ada, sehingga dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan Penyuluh pertanian, mengingat saat ini penyuluh pertanian merupakan "Kopasusnya" pertanian Indonesia.
Pembukaan kegiatan ini juga dihadiri tim Widyaiswara dari BBPP Binuang, Toni Nugraha SST M.Ikom dan Retno Hermawan SP M.Si.[bayu]
loading...
TAG