Kemudi Macet, Tongkang Senggol Rumah dan Keramba

BUNTOK, MK - Tugboat Sanle 15 yang  menarik tongkang TGH 2521 kosong muatan menyenggol dapur rumah warga, keramba dan kelotok alias perahu mesin warga yang ada di pinggir sungai Barito, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah.
Kejadian yang menelan kerugian mencapai ratusan juta rupiah tersebut terjadi di Kelurahan Mengkatip, Kecamatan Dusun Hilir, Kabupaten Barito Selatan (Barsel). Insiden ini terjadi pada hari Senin (10/2/2020) sekira pukul 11.30 WIB.
Selain dapur rumah warga dan kelotok, senggolan tongkang itu juga menghantam 12 batang/jamban, 6 keramba ikan, 10 kalang ikan patin, 1 mesin air, 1 mesin kelotok 20 hp, 1 perahu kecil, 2 kelotok besar, dan 1 kandang ayam.
"Atas kejadian tersebut ditaksir mengalami kerugian sekitar Rp229.100.000," ungkap Kapolsek Dusun Hilir, Ipda Susanto SH, Senin (10/2/2020) malam.
Diuraikan Susanto, kronologis kejadian nahas kapal pengangkut batubara dari Banjarmasin tujuan Jetty Bima Bintang Ninggi, Barito Utara itu terjadi saat melewati Kelurahan Mengkatip.
Ketika itu, lanjutnya, tiba-tiba kemudinya mengalami kemacetan pada jarum indikator tidak berfungsi hingga mengakibatkan kemudi tidak bisa dikendalikan ke kiri dan ke kanan.
"Saat itu kapal terhenti dan tongkang terus maju dan menabrak buritan kapal. Kemudian kapal mendorong bagian depan tongkang agar tongkang bisa menepi ke pinggir sungai, namun saat tongkang menepi ke pinggir sungai malah terjadi kejadian nahas itu," bebernya.
Tindakan yang lakukan Polsek setempat dengan melakukan pemeriksaan surat-surat kelengkapan terhadap ABK kapal Sanle 15, di antaranya Kapten Muhammad Junaidi (40) dan juru mudinya Satriawan (25).[kenedy/ali]

loading...

Posting Komentar

0 Komentar