Ikrar Kalsel Sebagai Penyangga IKN, Tanbu Juga Harus Berbenah

Ikrar Kalsel Sebagai Penyangga IKN, Tanbu Juga Harus Berbenah

BATULICIN, MK – Di momen peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020, Kalimantan Selatan digelorakan sebagai penyangga Ibu Kota Negara (IKN).
Kepala Bappeda Tanah Bumbu (Tanbu), H Damrah saat menjadi narasumber Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Gedung 7 Februari Kelurahan Kota Pagatan, Senin (10/2/2020) mengatakan, sebagai penyangga IKN, mulai sekarang tentu harus berbenah.
"Sekarang apa yang harus disiapkan, langkah strategis apa yang patut dirumuskan. Ini penting mengingat Kabupaten Tanah Bumbu menjadi bagian daerah terdekat dengan IKN tersebut," tuturnya.
Menurutnya, melalui Musrenbang ini sudah saatnya dibangun komitmen bersama guna menselaraskan kebutuhan dan kesiapan Tanbu mendukung Kalsel sebagai penyangga IKN itu.
Damrah menambahkan, terkait kesiapan itu, perencanaan lebih menitikberatkan pada kesiapan dan ketersediaan pangan. Namun di sisi lain, penunjang peningkatan pangan itu harus direncanakan mulai sekarang. 
Sebab, lanjutnya, hal ini tidak bisa berdiri sendiri, semua dibutuhkan sinergitas lintas SKPD terkait demi mencari benang merah yang jelas dan terarah.
“Kita harus merancang kesiapan pangan. Kita berharap semua harus bersinergi, minimal apa yang kita rencanakan ada benang merahnya atau ada ketersambungannya,” terang Damrah.
Musrenbang RKPD tahun 2021ini sendiri secara resmi dibuka Camat Kusan Hilir Dewi Murni.
Musrenbang ini merupakan rangkaian proses perencanaan pembangunan yang bersifat partisipatif, dengan maksud untuk mematangkan rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu.
“Untuk itu saya berharap, Musrenbang ini harus dapat menjadi forum yang menentukan arah kebijakan pembangunan dengan mengedepankan skala prioritas pembangunan daerah,” tandasnya.
Ia tekankan, dalam rangka menuntaskan berbagai persoalan yang berkembang di tengah masyarakat saat ini, pemerintah harus dapat mengakomodir usulan masyarakat secara efektif, cermat dan terencana, sehingga kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi secara bertahap.
“Sekali lagi saya harapkan kepada seluruh peserta untuk aktif dalam Musrenbang ini, agar dalam menentukan skala prioritas lebih mengedepankan kepentingan bersama," tutupnya.[joni]
Lebih baru Lebih lama