Wujudkan Desa Bersih, Arutmin Bekali Pengetahuan Pemilik Warung

Wujudkan Desa Bersih, Arutmin Bekali Pengetahuan Pemilik Warung

KOTABARU, MK - Para Pemilik warung makan maupun sembako di Desa Geronggang mengikuti pelatihan cara memisahkan sampah organik dengan anorganik. 
Kegiatan terlaksana melalui program Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT. Arutmin Indonesia Tambang Senakin.
Pada pelatihan ini, peserta diberikan pelatihan tentang pengelolaan sampah. Pelatihan sendiri dipusatkan di Kantor Desa Geronggang, Kecamatan Kelumpang Tengah, Kabupaten Kotabaru, Rabu (22/1/2020).
Supervisor CD PT. Arutmin Indonesia Tambang Senakin, Yogi Swara Putra Mendra, Kamis (23/1/2020) mengatakan, tujuan pelatihan ini agar masyarakat mampu memisahkan sampah yang dapat meningkatkan nilai ekonomi dari sampah organik dan anorganik.
Karena, lanjutnya, manfaat sampah organik dapat digunakan sebagai bahan makanan BSF (lalat serdadu hitam) yang nantinya dapat di gunakan sebagai bahan pembuatan pakan ikan, peternakan ayam dan bebek.
Menurut Yogi, dengan adanya sampah organik, desa akan menjadi bersih dan bebas sampah dan masyarakat pun menjadi sehat. Tentunya juga mendapatkan peningkatan perekonomian dengan pengelolaan sampah.
Kepala Desa Geronggang, Rian Hidayat berharap perusahaan di sekitar desanya bisa menyediakan alat transportasi pengangkutan sampah. Ini tak lain agar bisa mengambil sampah di setiap warung yang ada di desanya.
"Kami dari pihak Pemerintahan Desa juga akan menyiapkan armada untuk pengangkutannya nanti, dan sekarang masih dalam proses pembuatan," tutupnya.[zainuddin]
Lebih baru Lebih lama