Tanamkan Wawasan Kebangsaan, Kesbangpol Tanbu Sosialisasikan PPWK

Tanamkan Wawasan Kebangsaan, Kesbangpol Tanbu Sosialisasikan PPWK

BATULICIN, MK - Menanamkan wawasan kebangsaan sejak dini dinilai penting. Didasari itu, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Tanah Bumbu menggelar sosialisasi pelaksana kelompok kerja penyelenggaraan Pusat Pendidikan Wawasan Kebangsaan (PPWK).
Kegiatan yang menghadirkan narasumber dari Dinas Pendidikan, Amiludin dan Dinas Komunikasi dan Informatika, Akhmad Sabarudin Noor serta Aditya Irfiandi Guru PKN ini dilangsungkan di SMKN 1 Simpang Empat, Kamis (23/1/2020).
Kepala Kasbangpol, Darmiadi mengatakan, pendidikan mental untuk generasi muda saat ini sangat penting sekali. Untuk itu, sosialisasi pendidikan wawasan kebangsaan sangat penting adanya.
Sosialisasi ini, lanjutnya, merupakan pendidikan wawasan kebangsaan yang bertujuan untuk membentuk generasi muda, sekaligus mengingatkan kembali nilai-nilai kebangsaan.
Ini sebagai pedoman berbangsa dan bernegara, yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.
Sabarudin dalam materinya menyampaikan, dengan membentuk generasi muda yang memiliki wawasan kebangsaan, mereka bisa terus berbuat baik dan mampu mempertahankan nilai kebangsaan.
“Meski perkembangan teknologi informasi terus berkembang dan berubah dengan pesat, akan tetapi generasi muda diharapkan tetap bisa mempertahankan akhlak baik yang sesuai dengan nilai-nilai ketimuran,” ujarnya.
Sementara itu, Amilludin menyebut penerapan wawasan kebangsaan sangat perlu di kalangan pelajar, karena bertujuan untuk memajukan identitas bangsa di kancah dunia.
“Penurus generasi muda di era globalisasi ini, harus memiliki rasa nasionalisme yang tinggi melalui pemahaman kebangsaan. Sebagai warga negara harus mempunyai rasa nasionalisme terhadap tanah air Indonesia,” tuturnya.[joni]

Lebih baru Lebih lama