Sulap Lahan Rawa, Sukamta Panen Perdana Padi Program Serasi

Sulap Lahan Rawa, Sukamta Panen Perdana Padi Program Serasi

PELAIHARI, MK – Panen padi perdana di lahan seluar 320 hektare di lawan rawa Desa Sumber Makmur, Kecamatan Takisung dilakukan Bupati Kabupaten Tanah Laut (Tala), H Sukamta, Selasa (4/12/2019). 
Area pertanian di desa ini dinilai menjadi lahan pertanian produktif. Keberhasilan ini juga tidak terlepas dari program Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani (Serasi) yang digagasa Kementerian Pertanian.
Menurut Kadis Tanaman Pangan Perkebunan dan Hortikultura Tala, Ahmad Mustahdi, tanam perdana padi di lahan Serasi ini adalah salah satu rangkaian menyambut hari jadi ke-54 Kabupaten Tala. 
Mustahdi mengungkapkan, dulunya lahan tersebut adalah rawa yang luas dipenuhi tanaman bundung dan tidak produktif.
“Tidak bisa ditanami apapun. Kalau musim hujan, banjir dan musim kemarau bundungnya terbakar, sehingga menjadi sumber asap. Tapi, alhamdulillah sekarang sudah kita tanami padi,” ujar Mustahdi.
Sementara itu, Bupati Sukamta mengatakan, penanaman padi perdana di lahan Serasi ini merupakan bukti nyata berhasilnya program yang dicanangkan Presiden Jokowi.
Dengan adanya program Serasi ini, setidaknya ada Rp200 miliar APBN yang mengalir ke Tala. Namun aliran dana akan dikelola langsung para kelompok tani.
“Bupati gak bakal korupsi. Wong duite ora lewat aku kok (Karena uangnya tidak lewat saya). Karena itu saya berpesan kepada para kelompok tani, agar amanah,” imbuh Kamta.
Sedang ke dinas terkait, Sukamta meminta agar membimbing para kelompok tani dengan baik dalam pengelolaan dan laporan keuangannya.
Panen ini disaksikan Direktur Pembiayaan Kementan Indah Megawati, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalsel Syamsir Rahman, Dandim 1009/Pelaihari Letkol Inf Adi Yoga Susetyo, Ketua Komisi II DPRD Tala Edy Porwanto, serta Kepala Dinas Tanaman Pangan, Perkebunan dan Hortikultura Tala Ahmad Mustahdi.[andra/adv]
Lebih baru Lebih lama