Buka Tala Expo 2019, Ini Harapan Bupati Sukamta

Buka Tala Expo 2019, Ini Harapan Bupati Sukamta

PELAIHARI, MK – Momen Hari Jadi ke-54 Kabupaten Tanah Laut diramaikan dengan berbagai kegiatan. Satu di antaranya Tala Expo dan Pasar Rakyat. Untuk agenda ini, Pemkab Tala bekerja sama dengan pedagang kaki lima Uber Rezeki. 
Bupati Tala, H Sukamta mengatakan, kerjasama ini untuk memberikan kesempatan kepada Uber Rezeki agar menjadi lebih berpengalaman dalam mengelola kegiatan seperti ini.
“Pemerintah ingin mereka juga bisa menjadi pedagang besar. Kita bisa saja menyewa event organizer yang besar untuk membuat kegiatan ini, tapi keuntungannya bukan untuk pedagang kita,” jelas Sukamta saat membuka Tala Expo 2019 di halaman Pertasi Kencana, Selasa (3/12/2019).
Jadi, lanjutnya, kenapa kesempatan diberikan ke pedagang kali lima ini, tak lain agar mereka yang kecil bisa dibesarkan dan berdaya saing.
Pameran pembangunan ini juga merupakan kegiatan strategis untuk mengajak masyarakat Bumi Tuntung Pandang untuk cangkal, tekun, rajin bausaha, untuk terus memajukan daerah.
Karena, menurut Sukamta, dengan cangkal mempromosikan dan menginformasikan kegiatan dan keberhasilan pembangunan, produk maupun jasa unggulan Tanah Laut kepada khalayak, akan semakin banyak yang tahu akan kemajuan daerah.
“Dengan semakin banyaknya yang tahu betapa majunya perkembangan pembangunan di daerah kita, insya Allah akan membangun iklim investasi di Tanah Laut semakin baik,” imbuhnya.
Terlebih lagi dengan dilaunchingnya Dokumen Izin Secara Elektronik dari Dinas Penanaman Modal dan PTSP, sehingga yang ingin berinvestasi di Tanah Laut tidak perlu datang ke Kantor DPM dan PTSP mengurus izin. Cukup dari kantor masing-masing dan mengirim secara online, semua akan diselesaikan.
“Jadi kalau mau investasi di Tanah Laut, gak perlu cari bupati atau kepala dinas. Cukup mengakses dari kantor masing-masing,” katanya.
Proses seperti ini, lanjutnya, sengaja dibuat untuk mengurangi pertemuan secara langsung antara costumer dengan pemberi izin. Tentunya untuk menghindari kong kalikong.
Ditegaskannya, apa yang dilakukan ini sebagai upaya  pemerintah daerah untuk melakukan reformasi birokrasi, agar rakyat lebih mudah dan nyaman.
Tala Expo yang berlangsung dari 3 hingga 7 Desember 2019 ini sendiri diikuti sebanyak 211 peserta, terdiri dari instansi vertikal hingga UMKM dan PKL.[andra/adv]
Lebih baru Lebih lama