Peringati Hari Jadi Tala, Bupati Sukamta Paparkan Pencapaian Kinerja

Peringati Hari Jadi Tala, Bupati Sukamta Paparkan Pencapaian Kinerja

PELAIHARI, MK – Ribuan warga bersama unsur pemerintahan di Kabupaten Tanah Laut, tampak memadati lapangan Pertasi Kencana Pelaihari, Kamis (5/12/2019). 
Mereka rela hadir untuk meramaikan puncak peringatan Hari Jadi ke-54 Kabupaten Tanah Laut. Juga tampak Sekda Provinsi Kalimantan Selatan, H Abdul Haris Makkie hadir dalam kegiatan ini.
Hari Jadi bertema “Cangkal Berusaha, Rakyat Sejahtera” ini tampak diisi berbagai penampilan tarian tradisional serta persembahan spesial tarian kolosal Banjar yang diperagakan pelajar se-Bumi Tuntung Pandang.
Di momen ini turut dilakukan penyerahan penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada sejumlah tokoh Tanah Laut yang berprestasi di berbagai bidang. 
Sebut saja, di antaranya tokoh yang memberikan sumbangsih di bidang pendidikan, pariwisata, agama, olahraga, kesehatan dan lain sebagainya.
Bupati Tala, H Sukamta dalam sambutan mengatakan, Hari Jadi ke-54 ini diharapkan mampu mewujudkan rakyat yang sejahtera, di mana harus dilalui dengan proses dan usaha yang gigih dan pengorbanan maksimal.
“Tentunya juga harus diiringi doa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala,” tutur Sukamta. 
Pria yang akrab disapa Kamta ini menambahkan, tahun ini merupakan tahun kedua dirinya bersama Wabup Abdi Rahman memimpin Tala. Pemkab Tala akan selalu berusaha mewujudkan kesejahtreraan dan kemajuan, termasuk mewujudkan 7 program unggulan.
"Pertama adala program kredit usaha dengan bunga nol persen, alhamdulillah pada tahun ini telah dilaunching dengan nama Gapura Karomah (Gerakan peningkatan usaha rakyat melalui kredit tanpa agunan dan rentenir bagi ekonomi lemah, red)," terangnya.
Sukamta mengungkapkan, per 29 September 2019 sudah ada pinjaman yang masuk sebesar Rp930 juta yang terbagi dari 48 kelompok dan 440 anggota yang menjadi nasabah. 
"Tentu dengan program ini diharapkan menjadi pemicu yang bagus untuk mengembangkan keberhasilan para pelaku usaha di Tala, karena keberhasilan para pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya memberi dampak positif yang besar bagi perekonomian masyarakat Tala," yakin Sukamta.[andra/adv]
Lebih baru Lebih lama