Dinilai Relevan, Hari Jadi Tala Usung Tema Cangkal

Dinilai Relevan, Hari Jadi Tala Usung Tema Cangkal

PELAIHARI, MK – “Cangkal Bausaha, Rakyat Sejahtera” sebagai tema Hari Jadi ke-54 Kabupaten Tanah Laut, dinilai sangat relevan dengan situasi dan kondisi Bumi Tuntung Pandang saat ini.
"Hanya dengan gigih, tekun dan terus berusaha atau yang sering disebut orang Banjar dengan istilah cangkal, kesejahteraan masyarakat dapat segera terwujud dan pembangunan daerah dapat terasa manfaatnya oleh masyarakat Tanah Laut," tutur Sukamta dalam pidatonya di puncak Hari Jadi Tala di Stadion Pertasi Kencana Pelaihari, Kamis (5/12/2019).
Menurut Sukamta, tema tersebut juga selaras dengan pembangunan yang sedang diakselerasi oleh PemkabTala. Bahkan tidak hanya pada sektor pendidikan, kesehatan dan pertanian, namun juga sektor perekonomian sebagai titik ungkit mewujudkan kesejahteraan rakyat.
"Keberhasilan para pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya akan memberikan dampak positif yang besar terhadap perekonomian masyarakat. Antara lain pendapatan masyarakat meningkat, lapangan kerja terbuka luas dan berbagai usaha terkait akan tertarik pula untuk berkembang," terangnya.
Di momen ini juga turut ditandatangani prasasti Gedung RSUD Hadji Boedjasin, Gedung RSUD KH Mansyur Kecamatan Kintap, Kantor UPTD Puskesmas Kurau, prasasti Pasar Rakyat Bentok Darat Kecamatan Bati Bati, prasasti Pasar Rakyat Kait Kait Kecamatan Tambang Ulang dan prasasti Gedung Ruang Kelas UPTD SDN Bumi Harapan Kecamatan Bumi Makmur.
Kemudian juga penandatanganan MoU antara pusat investasi pemerintah dengan Pemkab Tala, di mana ini dilakukan dalam rangka kerja sama pengembangan usaha mikro melalui pembiayaan ultra mikro.
Kesepakatan ini ditandatangani langsung Bupati Sukamta dengan Direktur Utama Badan Layanan Umum Pusat Investasi Pemerintah.
Tak hanya itu, orang nomor satu di Tala ini juga menyerahkan penghargaan kepada petani berprestasi, penyerahan penghargaan dan hadiah kepada pemenang lomba kelompok tani ternak komoditas ternak sapi potong tingkat Kabupaten Tala.
Selanjutnya juga melakukan penyerahan tropi dan hadiah kepada para pemenang lomba koperasi berprestasi dan lomba koperasi rapat anggota tahunan tepat waktu dengan kategori.
Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan pajak daerah tahun 2019 yang diberikan kepada PT Jasa Boga Indonesia sebagai pembayar pajak daerah terbesar tahun 2019 atas kepatuhannya membayar pajak restoran/catering. 
Selain itu, turut diserahkan penghargaan kepada koperasi peran serta masyarakat Subur Mandiri sebagai pembayar pajak daerah terbesar tahun 2019 atas kepatuhannya membayar pajak daerah bea perolehan hak atas tanah dan bangunan/ BPHTB tahun 2019.
Juga diberikan penghargaan kepada Desa Sebamban Baru sebagai desa dengan jumlah wajib pajak dari realisasi pembayaram PBB terbanyak se-Tala.
Penyerahan berita acara serah terima hibah tanah dan bangunan Sekolah Dasar Negeri Kayu Abang 2 juga dilakukan, tepatnya kepada Yayasan Ahlul Kisa Kecamatan Batu Ampar yang akan menggunakan tanah dan bangunan SDN Kayu Abang 2 sebagai sarana belajar dan mengajar Pompes Diniyyah cabang Ponpes Ahlul Kisa.[andra/adv]
Lebih baru Lebih lama