Bantu Masyarakat Prasejahtera, Pemkab Tala Launching Program SLRT

Bantu Masyarakat Prasejahtera, Pemkab Tala Launching Program SLRT

PELAIHARI, MK – Program Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT) penanganan fakir miskin dan tidak mampu resmi dilaunching Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala).
Launching program bernama Taparukul ini dilakukan bersamaan dengan apel apel gabungan peringatan Hari Korpri ke-48 di halaman Kantor Bupati Tala, Pelaihari, Senin (2/12/2019).
Didampingi Wabup Abdi Rahman, program ini resmi dilaunching Bupati Tala, H Sukamta. Launching ditandai dengan pembukaan selubung papan nama Program SLRT.
Taparukul sendiri mengandung arti sepemahaman dalam satu tujuan. Program ini ditangani Dinas Sosial (Dinsos) Tala.
SLRT merupakan layanan satu pintu untuk membantu masyarakat, khususnya prasejahtera dalam mengakses berbagai layanan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.
Menurut Sukamta, kemiskinan merupakan salah penyebab utama timbulnya Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Karena sejauh ini masalah Kemiskinan sangat kompleks dan multidimensi.
Sehingga, lanjutnya, diharapkan setiap SKPD/SOPD terkait perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan, agar dalam merencanakan dan melaksanakan program dan kegiatan saling berkoordinasi dan saling mendukung agar tepat sasaran dan mengalokasikan anggaran secara memadai.
“Ini juga agar dapat menyentuh dan mengatasi langsung keluhan dan kebutuhan masyarakat, sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh mereka,” jelasnya.
Sukamta menambahkan, launching SLRT ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan sosial agar menjadi lebih mudah, cepat, efektif dan efisien bagi keluarga miskin, rentan miskin dan PMKS lainnya.
Ini juga sebagai langkah mengidentifikasi keluhan dan kebutuhan dan merujuk ke program-program pemerintah yang dikelola SKPD/SOPD terkait. 
“Kami tentunya memantau dan memastikan penanganan keluhan tersebut telah ditangani dengan baik,” pungkasnya.[andra/adv]
Lebih baru Lebih lama