Kartu ATM GPN, Lebih Aman dengan Chip

Kartu ATM GPN, Lebih Aman dengan Chip

BANJARMASIN, MK - Kampanye penggunaan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) terus dilakukan dunia perbankan. Tak terkecuali dengan Bank Kalsel yang terus mengajak nasabahnya untuk bertransaksi dengan kartu ATM berlogo GPN.
Pada kampanye GPN kuartal kedua, Bank kalsel mengajak seluruh nasabahnya meningkatkan transaksi pembayaran pada merchant-merchant Bank Kalsel dengan menggunakan kartu ATM berlogo GPN.
Ini bertujuan untuk kemudahan dan kenyamanan transaksi nasabah. Juga bagi nasabah yang belum melakukan penukaran kartu ATM berlogo GPN, diminta segera menukarkan kartu ATM-nya di Kantor Cabang Bank Kalsel terdekat.
Staf Divisi Dana dan Treasury Bank Kalsel, Namyra Athanasya beberapa waktu lalu mengatakan, pada kampanye GPN kuartal pertama, Bank Indonesia (BI) mengarahkan penukaran pada data yang besar.
Sementara, lanjutnya, untuk kuartal kedua ini lebih diarahkan pada promosi, di antaranya semua bank diwajibkan melakukan promo melalui jejaring sosial.
"Karena ini permintaan dari Bank Indonesia, minimal dicoba pada satu merchant. Kami coba dulu karena ini berlaku sampai akhir tahun," jelasnya.
Ke depan rencananya Bank Kalsel melakukan promosi melalui salah satu merchant mereka yaitu Toko Mas Sumber Rezeki. Setiap nasabah yang bertransaksi menggunakan ATM Bank Kalsel berlogo GPN di hari Jumat akan mendapatkan souvenir.
Untuk meningkatkan penukaran, kemudahan dan kenyamanan transaksi.
Nasabah lama atau baru dapat melakukan penukaran kartu ATM berlogo GPN pada kantor cabang Bank Kalsel terdekat.
Selain menggunakan jejaring sosial, petugas juga siap mengedukasi setiap nasabah yang datang di cabang Bank Kalsel.
"Kami coba juga melalui pamplet untuk arahan atau ajakan menukarkan kartunya, karena itu gratis dan berlaku untuk nasabah baru atau lama," bebernya.
Keuntungan lain dari penukaran ini ada pada sisi keamanan. Apabila kartu lama menggunakan magnet, maka pada ATM berlogo GPN akan menggunakan chip.
“Kartu ini nantinya dapat digunakan pada seluruh mesin Electronic Data Capture (EDC) di berbagai bank,” terangnya.
Nanti semua bank akan menerima untuk kartu yang berlogo GPN. Baik itu bank BCA, Mandiri, BRI, BNI atau lainnya. Dengan kata lain tidak ada klasifikasi lagi.
Tingkat keamanan chip pun lebih tinggi dibanding magnet. Ini dapat mencegah kartu disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab nantinya.
“Kalau magnet masih ada kemungkinan bisa ditembus atau dihack, tapi kalau chip pengamanannya ganda,” pungkasnya.[mia/adv]
Lebih baru Lebih lama