Dipertemukan BBPP Binuang dengan Importir, FK P4S Kaltim Ekspor Pisang ke Malaysia

Dipertemukan BBPP Binuang dengan Importir, FK P4S Kaltim Ekspor Pisang ke Malaysia

SAMARINDA, MK - Berkolaborasi dan bersinergi dengan Balai Karantina Pertanian Kelas I Balikpapan, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang berhasil mendorong dan menjembatani Ketua FK P4S Kalimantan Timur dengan importir pisang.
Alhasil, berkat BBPP Binuang yang notabene salah satu pembina P4S se-Kalimantan, terlaksana ekspor perdana pisang ke Malaysia sebanyak 23 ton oleh FK P4S Kaltim.
Kabupaten yang dikenal memiliki potensi dan komoditas unggulan pisang adalah Kutai Timur (Kutim). Luas areal pertanaman pisang di daerah mencapai 1.000 hektare. Pisang dari Kecamatan Kaliorang, Kutim memiliki keunggulan.
"Saya yakin P4S mampu menjadi eksportir karena P4S bukan hanya petani maju dan mandiri, namun juga sebagai Penyuluh Swadaya memiliki jaringan yang luas dengan petani dan merupakan penggerak petani," terang Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si, Sabtu (30/11/2019). 
Yulia mengatakan, akhirnya apa yang dirinya yakini bisa terwujud di depan mata hingga melihat launching ekspor ke Malaysia yang berhasil dimotori oleh Ketua P4S Kalimantan Timur, Andi Burhan.
"Saya yakin ini bisa dilakukan oleh P4S lain di Kalimantan. Yang tidak kalah pentingnya bagaimana menjaga keberlanjutan ekspor ini dengan membangun jejaring kerja dan usaha antara P4S dengan Ikamaja. Juga dengan kelompok tani serta Gapoktan dan BUMDes," jelasnya.[bayu/mia]
Lebih baru Lebih lama