Sulap Limbah Jadi Produk Bernilai Jual, Bhabinkamtibmas Ini Dapat Penghargaan Kapolres Kotabaru

KOTABARU, MK - Peringatan Hari Bhayangkara ke-73 menjadi sejarah tersendiri bagi Aipda Ahmad Sumantri. Itu karena di momen ini, petugas Bhabinkamtobmas Desa Sidomulyo ini mendapatkan penghargaan dari Kapolres Kotabaru, AKBP Suhasto.
Penghargaan sekaligus tropi predikat terbaik kedua diterima Sumantri di aula Gupta Mapolres Kotabaru, Rabu (10/7/2019). Prestasi ini diraih berkat inovasi pemanfaatan limbah dan sisa kayu ulin hingga menjadi produk bernilai jual tinggi.
"Kita membina masyarakat agar dapat menghasilkan karya atau usaha kecil. Ini untuk membantu masyarakat yang belum punya pekerjaan tetap, agar bisa membuat karya atau seni usaha kecil," terang Sumantri.
Menurutnya, dari barang bekas limbah, seperti limbah kayu ulin dapat dijadikan kursi, patung tugu, meja, jendela, bahkan banyak lagi limbah yang bisa digunakan menjadi produk bernilai ekonomis.
"Seperti jimpitan berupa beras yang bisa dimanfaatkan, minimal setengah sendok untuk kegiatan sosial, baik itu pembangunan, atau santunan kepada fakir miskin dan orang tidak mampu kita lakukan setiap bulan," jelasnya.
Juga pembuatan tugu atau pintu gerbang, Pagar rumah penduduk yang kurang mampu, agar secara seragam atau sama. "Kita juga melaksanakan penerangan kampung dan membuat Poskamling di setiap lingkungan RT. Bhabinkamtibmas Desa Sidomulyo membuat program 1 jam bersama masyarakat," imbuhnya.
Bersama warga, Bhabinkamtibmas Desa Sidomulyo ini juga melakukan musyawarah tentang melarang pembahasan masalah suku, ras, dan politik.
"Ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan yang ada bersama pemuda-pemuda setempat, dan organisasi, beserta komunitas secara rutin," pungkasnya.[zainuddin]
loading...
TAG