Maknai Momen Peda KTNA XII, BBPP Binuang Gelar Tiga Bimtek

SAMPIT, MK - Partisipasi aktif meramaikan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XII ditunjukkan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang dengan menggelar tiga kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek).
Peda KTNA XII sendiri digelar mulai 8 hingga 13 Juli 2019 di Desa Eka Bahurui, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, Provinsi Kalimantan Tengah.
Berbagai kegiatan seperti festival kesenian daerah, temu profesi, temu usaha, temu karya penyuluh, temu karya petani, karya wirausaha petani, karya agroforestri lestari, temu teknologi lapangan dan pelatihan gratis yang dilakukan oleh BBPP Binuang.
Untuk Bimtek diikuti petani yang hadir pada kegiatan Peda KTNA edisi 12. Mereka yang menjadi peserta Bimtek terdiri dari pengurus kelompok tani, pengurus gapoktan dan anggota kelompok tani.
Bimtek dibuka secara secara langsung oleh Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si.
"Melalui kegiatan ini peserta dibimbing secara teknis dan diharapkan bermanfaat bagi para petani," tuturnya.
Dalam materi Bimtek, para petani diajarkan tentang pembuatan hidroponik, pengelolaan fermentasi Kakao dan Budidaya Usaha jamur Tiram.
Fasilitator Bimtek fermentasi Kakao dipaparkan oleh Retno Hermawan dari BBPP Binuang. Kemudian materi budidaya tanaman secara hidroponik oleh Syahrian dari P4S Karya Baru Mandiri, dan budidaya usaha jamur Tiram disampaikam Sunaryati, pengusaha jamur Tiram dari Palangka Raya.
Sementara itu, Sarwani selaku Ketua KTNA mengatakan, Bimtek tentunya sangat bermanfaat.
"Bimtek ini sangat menarik perhatian kami pada acara kegiatan Peda kali ini. Karena selain menambah ilmu pengetahuan, kami juga mendapatkan pelatihan secara gratis dari BBPP Binuang," pungkasnya.[bayu/mia]
loading...
TAG