Target 2.500 Wirausaha Muda, Pemkot Apresiasi Dukungan Bank Kalsel

BANJARMASIN, MK – Bekerja sama dengan Bank Kalsel, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Banjarmasin menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) untuk wirausaha muda. Bimtek digelar di Kantor Pusat Bank Kalsel, Banjarmasin, Selasa (18/6/2019).
Tampak 100 wirausaha muda baru antusias mengikuti bimtek dua hari bertajuk Pembinaan Kemandirian dan Entrepreneur Wira Usaha Baru Pemuda ini. Pembicara Bimtek berasal dari e-commerce, seperti Kampus Shopee Banjarmasin dan Komunitas Buka Lapak Banjarmasin.
Menurut Walikota Banjarmasin, Ibnu Sina saat membuka Bimtek, wirausaha baru merupakan program nomor dua dari tiga visi Banjarmasin Baiman. Visi dimaksud yakni melahirkan wirausaha muda berbasis UMKM dan mengembalikan Banjarmasin sebagai kota perdagangan dan jasa.
“Dari kegiatan semacam pelatihan workshop dan sebagainya, kami berharap dapat melahirkan wirausaha baru muda dari Banjarmasin,” harapnya.
Menurut Ibnu, selama tiga tahun program wirausaha berjalan, telah dihasilkan 2.017 wirausaha baru dari target 2.500 wirausaha dalam lima tahun. Untuk setiap tahun, pihaknya mengincar 500 wirausaha baru yang muncul di Banjarmasin.
Ibnu mengungkapkan, terdapat tujuh SKPD yang tergabung dalam Pokja Wirausaha Baru, di antaranya Dispora, Dinas Perikanan dan Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Sosial, Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pembudayaan dan Pariwisata.
”Di 2016 kami menghimpun 625 wirausaha baru, 2017 ada 744, dan 2018 hampir 800. Di akhir 2018 terhimpun sekitar 2.017 wirausaha muda di Banjarmasin. Hasil evaluasi menunjukkan, dari 2.017 itu hanya 50 persen yang aktif,” terangnya.
Rencananya Pemkot Banjarmasin segera melaunching Galeri Wira Usaha di Gedung Sasiraangan Kreatif, Jalan A Yani Km 4,5, tepatnya di momen Hari Jadi Kota Banjarmasin pada 24 September 2019.
“Karena menggandeng e-commerce, tentu membutuhkan transaksi perbankan. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih atas dukungan Bank Kalsel yang membantu pengembangan wirausaha baru muda di Banjarmasin,” jelasnya.[mia/adv]
loading...
TAG