PKKP Segera Evaluasi Kinerja Pemkot Banjarmasin

PKKP Segera Evaluasi Kinerja Pemkot Banjarmasin


BANJARMASIN - Pusat Kajian Kebijakan Publik (PKKP) Universitas Lambung Mangkurat (ULM) akan mengadakan kegiatan Diskusi Publik  dengan tema "Membaca Banjarmasin 2017:  Catatan Evaluasi Kinerja Pemerintahan Ibnu-Herman selama kurun waktu hingga 2017".

"Kami berpendapat kegiatan ini penting dilakukan dalam rangka meningkatkan partisipasi publik dalam pembangunan daerah, terlebih bagi warga Kota Banjarmasin yang sangat dinamis, baik isu-isu kebijakan, kinerja pemerintahan, maupun aspek-aspek lainnya yang menjadi tanggung jawab Pemerintah Kota sebagai catatan untuk menatap ke depan yang lebih baik," terang Dr (Cand) Taufik Arbain MSi, Ketua PKKP ULM, Senin (25/12/2017).

Menurut Taufik, diskusi publik yang diinisiasi bersama ini bagian dari kemajuan jangkauan pikiran Pemko Banjarmasin dalam membangun partisipasi publik. Diskusi publik dengan fokus evaluasi ini sangat jarang dilakukan dan diinisiasi pemerintah sendiri, dalam menjawab dinamika warganya.

Sebab, lanjutnya, tujuan diskusi evaluasi merupakan hal yang memberikan ruang dalam melakukan kegiatan penilaian, monitoring termasuk menelaah keberhasilan, kegagalan dan sebab-musababnya, sebagaimana ditengara pakar kebijakan publik James Anderson (1969) yang bertujuan untuk melihat manfaat suatu kebijakan.

Sebagai brainstorming diskusi ini, Pusat Kajian Kebijakan Publik mengundang para pakar, seperti Dr Arif Budiman (Pakar Ekonomi dan Pemasaran  Universitas Lambung Mangkurat), Ahmad Fikri Hadin SH LLM (Ketua Pusat Kajian Anti Korupsi dan Good Governance ULM), Ir Bachtiar Noor GrapDil MA (Pakar Perkotaan), dengan moderator Setia Budhi Ph.D.

Kegiatan diskusi ini akan diselenggarakan pada Rabu, 27 Desember 2017 mulai pukul 08.30 Wita di Rumah Anno, Kawasan Menara Pandang. Kegiatan ini juga mengundang berbagai elemen masyarakat.   

"Pada kesempatan itu Pusat Kajian Kebijakan Publik akan menyajikan hasil survei evaluasi kinerja Pemerintah Kota Banjarmasin dalam pandangan representasi warga kota," tutup Taufik.

Peserta akan dihibur alunan musik dari performa Banua Raya Akustik.[rilis/mnoor]


Lebih baru Lebih lama