Wagub Edy Optimis Wujudkan Brand dan Kemandirian Pangan di Kalteng

Wagub Edy Optimis Wujudkan Brand dan Kemandirian Pangan di Kalteng

PELETAKAN batu pertama atau pembangunan rice milling unit dan rice to rice di Desa Pantik, Kabupaten Pulang Pisau.| foto : istimewa

PULANG PISAU - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng) Edy Pratowo bersama Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI) Andi Nur Alamsyah melakukan Peletakan Batu Pertama atau Pembangunan Rice Milling Unit dan Rice to Rice di Desa Pantik, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Rabu (3/4/2024).

Wagub Edy menyampaikan, dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan nasional, berbagai upaya terus dilakukan pemerintah, khususnya di kawasan Food Estate sentra pengembangan padi, seperti Kecamatan Pandih Batu.

Metode pertanian modern diterapkan mulai dari proses budi daya, panen, pasca panen, pengolahan, hingga produk siap dijual. Dukungan sarana dan prasarana seperti alat pertanian, infrastruktur, perbankan, dan penunjang lainnya telah disiapkan pemerintah.

"Harapannya tentu agar kuantitas dan kualitas produksi pertanian meningkat, serta memberikan nilai tambah ekonomi bagi kesejahteraan masyarakat, terutama petani," tuturnya.

Dikatakannya, Pemprov Kalteng sangat mendukung upaya peningkatan produksi pertanian atau pangan tersebut, khususnya beras.

Pada tahun 2024 ini, target peningkatan nilai tambah produksi hasil pertanian untuk beras akan didukung oleh Pemerintah Daerah melalui pembangunan Rice Milling Unit dan Rice to Rice (RMU dan RtR) di Kabupaten Pulang Pisau.

Selain itu, juga ada pembangunan Rice Milling Plant di Kabupaten Kotawaringin Timur. Kedua sarana infrastruktur pertanian ini berfungsi sebagai pabrik atau tempat produksi pengolahan gabah dan beras asalan menjadi beras medium dan premium.

"Insya Allah, pabrik perberasan Provinsi Kalimantan Tengah ini akan menjadi cikal bakal Food Station atau sentra pangan, sehingga nantinya dapat bersaing dengan produk beras dari luar daerah. Dengan sinergi dan kolaborasi kita bersama, mulai dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, hingga seluruh elemen masyarakat, Provinsi Kalimantan Tengah akan mampu mewujudkan harapan menjadi Penyangga Lumbung Pangan Nasional, mampu memenuhi kedaulatan pangan, terutama produksi beras," bebernya.

Ia menambahkan, pembangunan RMU dan RtR tersebut merupakan gagasan Gubernur Sugianto Sabran agar Kalteng benar-benar mandiri dan memiliki yang membumi dalam produksi pangan khususnya beras.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama