Tingkatkan Tenaga Perpustakaan dan Pustakawan, Dispersip Gelar Bimtek Pembinaan

Tingkatkan Tenaga Perpustakaan dan Pustakawan, Dispersip Gelar Bimtek Pembinaan

KOTABARU - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  (Dsipersip) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembinaan Perpustakaan. Ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kompetensi tenaga perpustakaan dan pustakawan.

Termasuk juga meningkatkan kompetensi para pengelola perpustakaan di tingkat desa dan sekolah. Kegiatan se-Kabupaten Kotabaru ini dilangsungkan di ruang referensi Disarsipus Kotabaru, Kamis (18/4/2024).

Bimtek dibuka langsung oleh Kepala Dispersip Kotabaru, Ir Kamirudin. Dalam sambutannya Ia mengatakan, perpustakaan desa merupakan sarana peningkatan kualitas SDM yang mudah dijangkau oleh masyarakat.

"Kami mengimbau untuk menjadikan perpustakaan desa sekolah sebagai sumber belajar masyarakat,” ucap Kamir.

Ia juga mensosialisasikan keberadaan perpustakaan beserta manfaatnya bagi kualitas SDM masyarakat pedesaan.

Sementara itu, Adethia Hailina, Kabid pelayanan dan pembinaan perpustakaan Kalsel mengatakan, Bimtek ini tujuannya adalah untuk mengajarkan pengetahuan tentang bagaimana perpustakaan yang standar dan yang mana ketentuan perpustakaan nasional.

"Untuk tahun ini kami akan persiapkan akreditasi perpustakaan desa dan sekolah. Dengan harapan adanya persiapan akreditasi ini sudah lebih peduli terhadap perpustakaan," ucapnya.

Sofyan Hamid selaku Koordinator Pembinaan Perpusda Kotabaru juga menyambut baik kepada para peserta yang mengikuti Bimtek. 

“Kami mengajak secara pelan-pelan pada pengelola, khususnya di sekolah karena tiap tahun pengelola perpustakaan diganti, unsur dari sekolah adalah indeks literasi pembangun masyarakat," katanya. 

Ia menyebut Perpustakan Desa mampu untuk menyerap anggaran, karena pemerintah sudah mengalokasi dana desa terutama dari segi bidang perpustakaan.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama