Ribuan Wisatawan Padati Pantai Gedambaan Sarang Tiung

Ribuan Wisatawan Padati Pantai Gedambaan Sarang Tiung

KOTABARU - Di H+2 Idul Fitri 1445 H dimanfaatkan ribuan warga Kotabaru maupun luar untuk mengunjungi objek wisata Pantai Sarang Tiung yang terletak di wilayah Desa Gedambaan, Kecamatan Pulaulaut Sigam, Rabu (11/4/2024).

Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kotabaru, Sonny Tua Halomoan melalui Kepala UPTD Pengelola Objek Wisata Pantai Gedambaan Sarang Tiung, Zulham Fhatony mengungkapkan, di H+2 Idul Fitri kali ini lebih banyak pengunjung dari hari kemarin. Ini terdeteksi dari hasil evaluasi tingkat kunjungan.

"Alhamdulillah, hari ini untuk para pengunjung pariwisata Pantai Gedambaan sangat melonjak. Setidaknya hasil penjualan tiket masuk hari ini terjual sebanyak sekitar 2.000 lembar lebih," terangnya.

Menurut Tony, jumlah wisatawan baik lokal maupun luar Kabupaten Kotabaru pada liburan hari raya raya Idul Fitri tahun 2024 ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, dan ini baru di H +2 liburan jelang Idul Fitri 1445 H tahun 2024.

Untuk kesiapsiagaan di pantai, pengelola Pantai Gedambaan bekerja sama dan berkoordinasi dengan pihak terkait, seperti dari Polres Kotabaru, Kodim 1004/ktb, Lanal Kotabaru, Basarnas, BPBD, Dishub Kotabaru, dan Dinas Kesehatan.

Dipimpin langsung oleh KBO Sat Polairud Polres Kotabaru, Iptu Toto Sumaryono yang turun langsung ke lokasi wisata pantai Sarang Tiung untuk memastikan kondisi di lapangan aman dan nyaman. 

Melonjaknya jumlah pengunjung cukup terlihat dengan banyaknya kendaraan di area parkir hingga lokasi yang tersedia tak sanggup menampungnya.
Lantaran tidak memadai, pengelola Pantai Gedambaan meminta bantuan anggota Dishub dan Lantas Polres Kotabaru, Basarnas, BPBD dan anggota terkait untuk pengamanan.

"Dengan dilengkapi fasilitas perahu karet, alat pertolongan di air, dan mobil, petugas Basarnas dan BPBD Kotabaru untuk siaga hingga akhir liburan nanti, dan bukan hanya dari Basarnas, BPBD, Polairud Polres Kotabaru, Kodim1004/ktb, Lanal dan Dishub saja. Dinas Kesehatan Kotabaru juga ambil bagian dengan menyiapkan 2 unit ambulans, 3 tenaga medis, serta 4 tenaga teknis.[zainuddin]

Lebih baru Lebih lama