Resmi Dilaunching, Ini Makna dari Logo Hari Jadi ke-67 Kalteng

Resmi Dilaunching, Ini Makna dari Logo Hari Jadi ke-67 Kalteng

LOGO Hari Jadi ke 67 Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2024.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) melaunching logo Hari Jadi ke-67 Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2024.

Logo itu resmi dirilis ke publik secara resmi yang dilakukan Wakil Gubernur Edy Pratowo di sela-sela kegiatan Musrenbang RPJPD TAHUN 2025-2045 dan RKPD 2025 Provinsi Kalteng Tahun 2024, di Aula Jayang Tingang, Rabu (24/4/2024).

Hari Jadi Provinsi Kalteng diperingati setiap tanggal 23 Mei, sesuai dengan diterbitkannya Undang-Undang Darurat Nomor 10 Tahun 1957 tentang Pembentukan Daerah Swatantra Provinsi Kalimantan Tengah pada tanggal 23 Mei 1957.

Tema umum logo menggunakan kombinasi warna khas dayak yang dalam istilahnya 5 Ba, yaitu Bahandang, Bahijau, Bahenda, Babilem dan Baputi atau dalam bahasa Indonesianya adalah merah, hijau, kuning, hitam dan putih.

Dalam logo resmi yang hak ciptanya Diskominfosantik Provinsi Kalteng tersebut terdapat Tugu Soekarno, yang mana merupakan tonggak sejarah pembentukan dan pembangunan Kalteng, yang tiang pancangnya diletakkan oleh Presiden RI Pertama yaitu Ir Soekarno pada 23 Mei 1957.

Ada juga logo talawang bundaran besar merupakan episentrum ibukota Provinsi di jantung Kota Palangka Raya, dalam hal ini simbol pesatnya pembangunan di era Gubernur Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Edy Pratowo.

Dan angka 67 dalam bentuk yang tegas namun dinamis yang dikombinasikan dengan motif ukiran Dayak melambangkan wibawa pemerintah yang kuat namun tetap bersahaja dan menjunjung tinggi kearifan lokal.

"Tema Hari Jadi ke-67 adalah Kalimantan Tengah Bermartabat, Maju dan Berkah. Ini menggambarkan masyarakat Kalimantan Tengah yang bermartabat dan penuh berkah serta maju dalam pembangunan," tukas Wagub.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama