Pembukaan Manasik Haji Tahun 2024 di Pulang Pisau

Pembukaan Manasik Haji Tahun 2024 di Pulang Pisau


PULANG PISAU - Penjabat (Pj) Bupati Pulang Pisau, Nunu Andriani resmi membuka Manasik bagi Calon Jemaah Haji atau Calhaj Tahun 2024 Tingkat Kabupaten Pulang Pisau, Jumat (19/4/2024) di Masjid Agung Ar Raudah daerah setempat.

"Tujuan diselenggarakannya manasik haji ini untuk memberikan wawasan dan pengetahuan sikap serta perilaku dalam menunaikan ibadah haji, sehingga terlaksananya rukun haji sesuai dengan aturan dan mendapat haji mabrur," ucap Nunu sapaan akrab Pj Bupati Pulang Pisau.

Ia menyebut, ibadah haji merupakan rukun Islam kelima yang wajib dilaksanakan oleh seluruh umat Islam yang memenuhi kriteria istitha'ah, antara lain mampu secara materi, fisik dan mental. 

Bagi bang Indonesia sendiri, ungkap Nunu, penyelenggaraan ibadah haji merupakan tugas nasional. Karena, disamping menyangkut kesejahteraan lahir batin jemaah juga menyangkut nama baik dan martabat bangsa di luar negeri, khususnya di Arab Saudi.

"Karena pelaksanaannya bersifat massal dan berlangsung dalam jangka waktu yang terbatas, maka penyelenggaraannya memerlukan manajemen yang baik agar tertib, aman dan lancar," katanya.

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Pulang Pisau H Amruddin menyebut, total keseluruhan jemaah haji Pulang Pisau tahu. 2024 sebanyak 37 orang dan 2 orang cadangan.

"Untuk 2 orang cadangan ini insyallah akan berangkat juga," ujarnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama