Pawai Ta'aruf MTQN, Kafilah Kotabaru Perkenalkan Masjid Kapal Apung Siring Laut

Pawai Ta'aruf MTQN, Kafilah Kotabaru Perkenalkan Masjid Kapal Apung Siring Laut

KOTABARU - Kafilah Kabupaten Kotabaru menampilkan miniatur Masjid Kapal Apung Siring Laut pada Pawai Ta'aruf Musabaqah Tilawatil Qur'an ke-35 Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (27/4/2024) di Kabupaten Tapin.

Sektetaris Daerah Kotabaru, Drs H Said Akhmad MM menjelaskan, dalam pawai ini Kabupaten Kotabaru mengangkat kearifan lokal yang ada di wilayah Kotabaru, yaitu Masjid Apung Siring Laut dalam pelaksanaan Pawai Ta'aruf dalam rangka pengembangam wisata religius. 

"Pawai Ta'aruf hari ini kita mengangkat Masjid Apung Siring Laut, karena Kabupaten Kotabaru berkomitmen selain tempat wisata, dan bagaimana kita mengembangkan wisata religius yang mana Masjid Apung, salah satu masjid pertama yang berbentuk kapal, dalam sepengetahuan saya untuk di daerah lain hanya berbentuk masjid apung, kalau daerah kita adalah Kapal Apung," ucapnya. 

Selain itu, Kotabaru juga ingin ikut serta dalam memeriahkan dan menyemarakan syiar islam melalui Musabaqah Tilawati Qur'an Nasional tingkat Provinsi Kalimantan Selatan.

Kabupaten Kotabaru sebagai kafilah urutan ketujuh dengan menampilkan hadrah yang diiringi dengan lantunan shalawat berjalan beriringan dengan total 113 orang yang terdiri dari kafilah yang dipimpin Asisten I dan Staf Ahli Bidang Pemerintahan Setda Kotabaru dan diikuti Camat Se-Kabupaten Kotabaru.

Kafilah Kabupaten Kotabaru membentangkan spanduk yang bertuliskan "Dengan Semangat Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional Mari Kita Membudidayakan Gemar Membaca Al-qur'an".

Dalam kesempatan itu, Kafilah Kabupaten Kotabaru menyerahkan souvenir khas Kabupaten Kotabaru kepada Pj. Kepala Biro Kesejahteraan Masyarakat Setda Prov. KalSel dalam mewakili Gubernur Kalimantan Selatan.

Adapun rute yang dilalui peserta Pawai Ta'aruf dimulai dari Jalan Ruang Terbuka Publik Rantau, Jalan H. Hasan Basri, Jalan A. Yani Kupang, dan Perempatan Lampu Merah Kupang menuju Jalan H. Isbat menuju Kota Rantau, lewat Jalan Rantau Margasari terus kembali ke Jalan H. Hasan Basri dan Finis di Lapangan Dwidharma Rantau.[zainuddin]
Lebih baru Lebih lama