Diskominfosantik Kalteng segera Integrasikan Portal Data Daerah

Diskominfosantik Kalteng segera Integrasikan Portal Data Daerah

KADIS Kominfosantik Provinsi Kalteng, Agus Siswadi.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Rapat Penjajakan Awal Integrasi Portal Data Daerah, di Aula Kanderang Tingang, Jumat (19/4/2024). 

Kadis Kominfosantik Kalteng Agus Siswadi dalam arahannya mengatakan bahwa Satu Data Kalimantan Tengah (SDKT) saat ini sudah terintegrasi dengan Satu Data Indonesia (SDI). 

"Walaupun sebelumnya sudah pernah ada, namun SDKT masih sulit untuk dipakai, karena data yang belum terintegrasi antara satu perangkat daerah dengan perangkat daerah lainnya," ujarnya. 

Agus berharap pertemuan itu bisa menjadi awal dalam mempercepat implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kalteng. 

Sebagai informasi, Kabupaten/Kota di Kalteng sudah memiliki aplikasi satu data, sehingga diperlukan integrasi data agar prinsip berbagi pakai atau interoperabilitas dapat dilakukan. Untuk itu, diperlukan Application Program Interface (API) dari masing-masing data aplikasi satu data agar dapat dilakukan penarikan meta data.[adv]

Lebih baru Lebih lama