317 Calon Haji Kabupaten Kapuas akan Diberangkatkan Pertengahan Mei 2024

317 Calon Haji Kabupaten Kapuas akan Diberangkatkan Pertengahan Mei 2024

RAKOR persiapan pelepasan Jemaah Calon Haji Kabupaten Kapuas.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Sebanyak 317 orang jemaah calon haji (JCH) Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalteng untuk musim haji 1445 Hijriah tahun 2024 ini akan dilepas dan diberangkatkan sekitar pertengahan Mei 2024 mendatang. Pemberangkatan jemaah calon haji tersebut difasilitasi oleh pemerintah daerah Kabupaten Kapuas.

Hal tersebut diketahui  dalam rapat koordinasi (Rakor)  persiapan pelepasan dan pemberangkatan jemaah calon haji Kabupaten Kapuas yang digelar di Ruang Rapat Kantor Bupati Kapuas, Kamis (25/4/2024).

Kepala Bagian Kesra Setda Kapuas, Mujiono, dalam menyampaikan 317 jemaah calon haji Kapuas yamg akan berangkat terbagi dalam tiga kelompok terbang atau kloter. Yakni di kloter tiga kloter lima dan kloter enam.

"Rinciannya 169 jemaah Kapuas tergabung kedalam kloter tiga, lalu 43 jemaah tergabung kedalam kloter lima dan 105 jamaah tergabung kedalam kloter enam,” papar Mujiono.

Lalu, lanjutnya, untuk tanggal keberangkatan,  untuk kloter tiga diberangkatkan ke Asrama Haji Banjarmasin pada tanggal 14 Mei 2024.

Kloter lima berangkat  pada tanggal 16 Mei 2024 dan kloter enam tanggal 18 Mei 2024. Prosesi pelepasan para jemaah calon haji nantinya direncanakan akan dilakukan di Rujab Bupati Kapuas.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kapuas, H Hamidhan menyebut tema haji pada tahun ini adalah “Haji Ramah Lansia”, dimana untuk Jamaah Calon Haji Kabupaten Kapuas terdapat 8 jemaah yang berusia di atas 77 tahun serta 7 jamaah yang berusia di atas 70 tahun.

"Untuk prosesi keberangkatan para jamaah nantinya agar tidak lebih dari 30 menit dan jamaah lansia diprioritaskan saat seremonial pelepasan nantinya. Untuk barang para jemaag dikirim satu hari sebelum keberangkatan," kata Hamidhan.

Turut hadir pada rapat tersebut Kepala Dinas Perhubungan Kapuas Teras, perwakilan Polres Kapuas, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan Dinas Kominfo Kapuas dan pihak terkait lainnya.[zulkifli]

Lebih baru Lebih lama