Puskesmas Rawat Inap Halong Luncurkan Program Inovasi Jempol Pusat

Puskesmas Rawat Inap Halong Luncurkan Program Inovasi Jempol Pusat

TIM Homecare Jempol Pusat saat melakukan evaluasi kesehatan secara langsung di rumah pasien.| foto : istimewa

PARINGIN - Untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan, Puskesmas Rawat Inap Halong meluncurkan program Inovasi Jempol Pusat. 

Jempol Pusat (Jemput Follow Up Pulang Sehat). Program ini bertujuan untuk memberikan layanan kesehatan yang lebih personal dan mudah diakses bagi pasien yang membutuhkan perawatan kesehatan di rumah, Rabu (6/3/2024). 

Kepala Puskesmas Rawat Inap Halong, dr. Suminto Sastro Utomo mengatakan, upaya meningkatkan aksesibilitas pelayanan kesehatan, ia telah membentuk tim Homecare Jempol Pusat yang akan melakukan evaluasi kesehatan secara langsung di rumah pasien. 

"Dengan adanya program inovasi ini, diharapkan pasien dapat mendapatkan perawatan kesehatan yang lebih optimal bagi yang kesulitan untuk mengakses pelayanan kesehatan karena berbagai batasan," ujarnya.

Kemudian, tambahnya, Tim Homecare Jempol Pusat akan melakukan evaluasi kesehatan secara langsung di rumah pasien, memberikan perawatan yang sesuai dengan kondisi pasien, serta memberikan edukasi kesehatan kepada pasien dan keluarganya.

"Program inovasi Jempol Pusat ini juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup pasien dan meminimalisir risiko terhadap penyakit dan kondisi kesehatan lainnya," harapnya. 

Dengan demikian, diharapkan pasien dapat merasa lebih nyaman dan terjamin dalam mendapatkan perawatan kesehatan yang mereka butuhkan.

Saat ini program inovasi Jempol Pusat baru tersedia untuk sebagian pasien dengan kondisi kesehatan tertentu. Namun, Puskesmas Rawat Inap Halong berencana untuk memperluas program ini agar dapat mencakup lebih banyak pasien di masa depan.

"Semoga dengan adanya program inovasi ini, kesehatan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Rawat Inap Halong dapat semakin meningkat dan terjaga dengan baik," tutupnya.[agus/adv]
Lebih baru Lebih lama