Petani di Haur Batu Diberdayakan dalam Mengendalikan Serangan Hama Wereng

Petani di Haur Batu Diberdayakan dalam Mengendalikan Serangan Hama Wereng

PETANI saat menerima penjelasan tentang pengenalan hama penyakit dan penggunaan obat pada tanaman.| foto : istimewa

PARINGIN - Berdayakan petani padi dalam mengendalikan serangan hama wereng. Melalui Gerakan Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT), bersama POPT dan DKP3 Balangan serta BPP, di Haur Batu, Kecamatan Paringin, Selasa (5/3/2024). 

Kepala Laboratorium Perlindungan Hama dan Penyakit (PHP) Sungai Raya, Wahyudi menjelaskan bahwa dalam kegiatan tersebut, petani tidak hanya diberikan pemahaman tentang jenis-jenis hama wereng yang merugikan. 

"Tetapi juga diajarkan tentang pengamatan, pencegahan, dan pengendalian terhadap serangan hama wereng," ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, petani juga dibekali dengan pengetahuan tentang cara pengendalian hama di lahan pertanian padi, serta pentingnya penggunaan pestisida, fungisida dan insektisida secara bijaksana.

"Ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan petani dalam menghadapi tantangan serangan hama, khususnya hama wereng," tuturnya. 

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan petani dapat lebih efektif dalam melindungi tanaman padi  dan mampu meningkatkan produktivitas pertanian di Haur Batu. 

Para petani yang mengikuti kegiatan ini, Ingging, menyambut baik upaya yang dilakukan oleh pihak terkait. 

"Kita berharap dengan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam mengendalikan serangan hama, kita dapat mengurangi kerugian yang disebabkan oleh serangan hama wereng dan meningkatkan hasil panen," pungkasnya.[agus/adv]
Lebih baru Lebih lama