Inovasi SIMIKA, Dirancang Kantor Kecamatan Paringin untuk Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa

Inovasi SIMIKA, Dirancang Kantor Kecamatan Paringin untuk Pengawasan Pengelolaan Keuangan Desa

CAMAT Paringin saat menghadiri musrenbang RPJMDes di Desa Kalahiang.| foto : istimewa

PARINGIN - Kantor Kecamatan Paringin telah meluncurkan inovasi baru yang disebut SIMIKA (Sistem Manajemen Keuangan Desa) dalam upaya untuk meningkatkan pengawasan terhadap pengelolaan keuangan desa. 

Dengan adanya SIMIKA, pengawasan dapat dilakukan secara langsung maupun online, membuka peluang baru untuk transparansi dan efisiensi dalam administrasi keuangan desa.

Camat Paringin, Renny Yudisthesia S.IP, M.IP mengatakan, Inovasi SIMIKA tidak hanya memungkinkan pengawasan langsung ke lapangan, tetapi juga memfasilitasi pengawasan secara online. 

"Inovasi SIMIKA  dirancang untuk melakukan sistem informasi monitoring pengelolaan
Keuangan Desa dari tahap perencanaan, penganggaran, penatausahaan, pelaporan hingga pertanggung jawaban," kata Camat Paringin, Selasa (5/3/2024). 

Camat Paringin berharap melalui Inovasi SIMIKA pengawasan keuangan desa dapat memastikan penggunaan dana desa yang lebih bertanggung jawab dan efisien.

"Kami Kecamatan Paringin berkomitmen untuk memperkuat pengawasan tata kelola keuangan desa. Kita juga mengadopsi teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam administrasi publik, serta memperkuat hubungan antara pemerintah dan masyarakat," ujarnya. 

Diketahui salah satu pengawasan secara langsung pada tahap perencanaan adalah monitoring penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDES) bagi Kades Defenitif baru. 

 Seperti yang dilakukan Camat Paringin, Renny Yudisthesia S.IP, M.IP yang menghadiri Musrenbang RPJMDes di Desa Kalahiang.

Sedangkan bentuk monitoring secara online dilakukan dengan pengawasan terhadap pengelolaan Keuangan Desa melalui Siskeudes dan media sosial online seperti WA grup. 

Hal tersebut dilakukan untuk menampung permasalahan pengelolaan Keuangan Desa dan juga informasi terkait pengelolaan Keuangan desa.[agus/adv]
Lebih baru Lebih lama