Pemprov Kalteng bersama Forkopimda Komitmen Terus Perkuat Pengendalian Karhutla

Pemprov Kalteng bersama Forkopimda Komitmen Terus Perkuat Pengendalian Karhutla

WAGUB Kalteng, Edy Pratowo saat menghadiri rakor pembahasan tentang antisipasi dan penanggulangan karhutla tahun 2024 secara virtual.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Secara virtual, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Wagub Kalteng), Edy Pratowo menghadiri Rapat Koordinasi Pembahasan tentang Antisipasi dan Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Tahun 2024, Kamis (14/3/2024).

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Hadi Tjahjanto. 

Dalam arahannya, Menko Polhukam mengapreasi semua pihak atas kerja keras dalam penanggulangan karhutla di berbagai daerah.

"Berkat kinerja yang sinergis oleh para pihak, kita bisa menekan luas karhutla yang signifikan dari tahun ke tahun," tuturnya.

Sementara itu, Wagub Edy dalam paparannya menyampaikan bahwa Pemprov Kalteng bersama Forkopimda berkomitmen untuk terus memperkuat upaya-upaya pengendalian karhutla agar tidak menjadi bencana bagi masyarakat Kalteng.

Disampaikan, upaya pengendalian karhutla di Kalteng terus mengalami perbaikan dari tahun ke tahun, termasuk saat terjadi fenomena el nino. 

Hal ini dapat dilihat dari indikator penurunan luas karhutla, dampak kabut asap untuk aktivitas masyarakat, kesehatan, dan penerbangan.

"Pasca tahun 2015, luas karhutla yang terjadi di Kalimantan Tengah terus mengalami penurunan. Tahun 2019 turun 266.084 hektare atau 45,58 persen dibanding 2015, kemudian 2023 menurun 151.853 hektare atau 47,79 persen dibanding 2019," jelasnya.

"Keberhasilan pengendalian karhutla di Provinsi Kalimantan Tengah ini tentu bisa dicapai berkat arahan dan dukungan dari Pemerintah Pusat, salah satunya melalui penerbitan Inpres Nomor 3 Tahun 2020, yang secara konsisten kami tindaklanjuti bersama Forkopimda untuk penanggulangan Karhutla di Provinsi Kalimantan Tengah," imbuhnya.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama