Pasar Penyeimbang di Bulan Ramadan, Suratman: Terima Kasih Pemkab Pulang Pisau

Pasar Penyeimbang di Bulan Ramadan, Suratman: Terima Kasih Pemkab Pulang Pisau

PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM (Disperindagkop dan UKM) daerah setempat, menggelar pasar penyeimbang dalam rangka penanganan inflasi di bulan Ramadan 1445 H/2024 M.

Kali ini, pasar penyeimbang berlangsung di Desa Tahai, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (14/3/2024) di halaman kantor desa setempat.

Saat dibincangi wartawan metrokalimantan.com, Kepala Desa Tahai Baru Suratman menyebut pihaknya sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada Pemkab Pulang Pisau melalui Dinas terkaitnya, yang telah menggelar pasar penyeimbang ini.

"Kami ucapkan terimakasih. Karena komoditi yang dijual mendapat disubsidi dari Pemkab kita, hingga harganya dibawah harga pasaran biasa. Jadi, sedikit banyaknya warga kami sangat terbantu dengan adanya pasar penyeimbang ini," ucap Suratman mewakili warganya.

Ke depan, ia berharap, pasar serupa akan kembali digelar Pemkab Pulang Pisau di wilayah Desa Tahai Baru. "Semoga nanti akan ada pasar serupa, karena warga kami sangat terbantu," ujar Suratman. 

Sebelumnya, Pj Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani menyebut bahwa pelaksanaan pasar  penyeimbang ini bagian upaya pemerintah daerah setempat untuk mengurangi inflasi, khususnya memasuki bulan Ramadan tahun 2024.

"Dan juga untuk membantu warga mengurangi beban pengeluaran. Harga beberapa komoditi mendapat subsidi Pemkab Pulpis," kata Pj Bupati.

Sementara, Kadisperindagkop dan UKM Pulang Pisau Elieser Jaya melalui Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Rianti Miasi menyebut produk yang dijual di pasar penyeimbang cukup bervariasi menyesuaikan kebutuhan warga di masing-masing lokasi berlangsungnya pasar penyeimbang.

"Yang dijual di Desa Tahai ada telur, minyak goreng, gula curah, daging ayam ras, daging beku, gas LPg 3 kg. Sesuai kebutuhan warga di sasaran pasar penyeimbang lainnya selain komoditi tadi juga ada beras premium, ikan nila dan patin," kata Rianti.

Ia menambahkan, kegiatan pasar penyeimbang di Bulan Ramadan masih terus berlanjut ke daerah lainnya, yakni Kecamatan Pandih Batu, Kahayan Kuala, dan khusus Kecamatan Sebangau Kuala jadwalnya bisa berubah atau tentatif.

"Sesuai tanggal pelaksanaan untuk Kecamatan Pandih Batu dan Maliku di mulai tanggal ini 14 di Desa Tahai Baru dan di tanggal 16 Maret nya di  lingkungan kantor Desa Purwodadi pukul 08.00 WIB dan Kantor Kecamatan Pandih Batu. Untuk Kecamatan Kahayan Kuala di tanggal 18 Maret dengan 2 titik lokasi, yakni di Kantor kecamatan dan Desa Bahaur Hulu. Sedangkan untuk Kecamatan Sebangau Kuala dijadwalkan pada 20 Maret (tentatif)," terang Rianti.

"Nanti juga menjelang lebaran akan kembali kita laksanakan. Untung harga yang pastinya mendapat subsidi dari Pemkab kita, hingga harga komoditi yang dijual dibawah harga pasaran biasa," ujar.[manan]

Lebih baru Lebih lama