Masyarakat Mura Antusias Sambut Pasar Murah Pemprov Kalteng

Masyarakat Mura Antusias Sambut Pasar Murah Pemprov Kalteng

SEKDA Kalteng Nuryakin saat menyerahkan beras subsidi di halaman Masjid Agung Kecamatan Murung.| foto : istimewa

PURUK CAHU - Mewakili Gubernur Sugianto Sabran, Sekretaris Daerah (Sekda) Nuryakin membuka pasar murah di Wilayah Timur Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) bertempat di Puruk Cahu Kabupaten Murung Raya (Mura), Minggu (17/3/2024).

Pasar murah dalam rangka Kalteng Berbagi Berkah dan pengendalian inflasi daerah tahun 2024 itu dilaksanakan dari tanggal 17 hingga 19 Maret 2024.

Disebutkan pula bahwa sehari sebelumnya telah dilepas secara serentak sebanyak 1.420 ton beras se Kalteng, dan sesuai dengan petunjuk Gubernur pada periode pertama disalurkan sebanyak 50 ton, dari total penyaluran oleh Pemprov Kalteng sebanyak 150 ton beras untuk Kabupaten Mura.

Nuryakin dalam amanat singkatnya mengatakan bahwa Gubernur ingin melihat secara detail denyut jantung kehidupan masyarakat di seluruh Kalteng.

"Keinginan pak Gubernur ini adalah supaya inflasi yang selama ini terjadi akibat kenaikan bahan pokok bisa kita minimalkan. Karena biasanya mendekati hari besar keagamaan harga beras, minyak goreng, gula dan kebutuhan pokok lainnya selalu mengalami kenaikan," katanya.

"Mudah-mudahan, dengan adanya kegiatan ini bisa meringankan beban yang selama ini dirasakan masyarakat, terutama di bulan penuh berkah ini, kita bisa berbagi berkah," imbuhnya.

Kegiatan pasar murah di Kabupaten Mura ini dilaksanakan pada tiga titik lokasi, diantaranya di halaman Masjid Agung Kecamatan Murung, halaman Balai Desa Mangkahui dan di halaman Kantor Kecamatan Tanah Siang Selatan.

Lebih lanjut ia mengatakan, karena ini pasar murah atau pasar penyeimbang maka harganya tidak sama dengan harga di pasar, tetapi tidak boleh gratis. 

"Harga beras Rp175 ribu per 10 kg, hari ini disubsidi oleh Pemerintah Provinsi sebesar Rp155 ribu sehingga masyarakat membayar sebesar Rp20 ribu saja," pungkasnya.[adv]

Lebih baru Lebih lama