Kendalikan Inflasi, Pemkab Pulang Pisau Gelar Pasar Penyeimbang Jelang Ramadhan

Kendalikan Inflasi, Pemkab Pulang Pisau Gelar Pasar Penyeimbang Jelang Ramadhan

PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau melalui Disperindagkop dan UKM menggelar pasar penyeimbang dalam rangka pengendalian inflasi menjelang Ramadhan 1445 H/2024 M.

Kegiatan resmi dibuka Pj Bupati Pulang Pisau Hj Nunu Andriani, Sabtu (2/3/2024) di Halaman Stadion HM Sanusi, kota setempat.

"Ini upaya kita mengendalikan inflasi. Biasanya menjelang hari-hari besar keagamaan ada beberapa komoditi melonjak naik, jadi di pasar ini penyeimbang ini dapat membantu mengurangi beban pengeluaran masyarakat," ucap Nunu sapaan akrab Pj Bupati Pulang Pisau saat diwawancarai sejumlah awak media.

Ia menyebut, kegiatan seperti ini akan berlanjut dipertengahan Ramadhan dan seminggu menjelang lebaran Idul Fitri 2024.

"Dan, kegiatan serupa tidak hanya digelar pihak Disperindagkop. Tetapi ada dari Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian," ujar Nunu.

Ditanya terkait inflasi, Nunu mengatakan bahwa Kabupaten Pulang Pisau saat ini tolak ukur inflasi  menggunakan indeks perubahan harga atau IPH bukan IHK. Sehingga daerah dibawah rata-rata nasional.

"Karena kita bukan bagian dari kabupaten acuan inflasi, maka sehingga kita menggunakan IPH bukan IHK," tutupnya.

Sementara, Kepala Disperindagkop dan UKM Pulang Pisau Elieser Jaya mengatakan kegiatan pasar penyeimbang ini dilaksanakan di 4 kecamatan di wilayah Kabupaten Pulang Pisau.

Keempat kecamatan tersebut, kata Elieser, Kecamatan Kahayan Hilir, Kecamatan Kahayan Kuala, Kecamatan Kahayan Tengah, Kecamatan Sebangau Kuala, Kecamatan Pandih Batu dan  Kecamatan Jabiren Raya.

Untuk Kecamatan Kahayan Hilir dimulai pada hari ini Sabtu (2/3/2024) di 4 titik, yakni di Halaman Stadion HM Sanusi, Kantor Desa Anjir Pulang Pisau, Kantor Lurah Bereng dan Kantor Desa Mintin. "Ditanggal 4 Maret nya dilaksanakan di Halaman Kantor Kecamatan Kahayan Hilir.

Selanjutnya, di Kecamatan Kahayan Kuala berlangsung pada 4 Maret di Kantor Desa Bahaur Hulu. Sedangkan untuk Kecamatan Kahayan Tengah berlangsung di Kantor Desa Tanjung Sangalang dan Kantor Desa Tahawa.

"Kalau di Kecamatan Sebangau Kuala berlangsung di Kantor Camat Sebangau. Untuk Kecamatan Pandih Batu dan Maliku berlangsung di Kantor Kecamatan dan di Desa Tahai, sedangkan untuk Kecamatan Jabiren Raya di kantor kecamatan dan di Kantor Desa Tumbang Nusa," jelas Elieser.

Untuk harga sendiri, ungkapnya, masih dibawah dari harga pasaran biasa. Seperti harga beras premium 5 kg dengan harga Rp 57.500, telur ayam ras Rp 48.000 per tabak, minyak goreng kemasan 1 liter Rp 12.550, gula curah 1 kg Rp 12.650, daging ayam ras 1 kg Rp 28.000, ikan nila 1 kg Rp 35.000, dan ikan patin 1 kg Rp 22.000.

"Dengan adanya pasar penyeimbang ini, maka diharapkan dapat mengurangi beban pengeluaran masyarakat kita," ucap Elieser.[manan]

Lebih baru Lebih lama