Disarpustaka Kapuas Tambah Ribuan Eksemplar Koleksi Buku Baru

Disarpustaka Kapuas Tambah Ribuan Eksemplar Koleksi Buku Baru

KEPALA Disarpustaka, H Suwarno M sedang menunjukan koleksi buku-buku baru.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan  (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, melakukan penambahan koleksi buku mencapai 1.409 eksemplar tahun ini.

"Setidaknya ada 1.409 eksemplar buku dengan 1.032 judul yang terkelompok dalam 18 kategori buku, akan menambah koleksi buku pada perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan  Kabupaten Kapuas. Ini untuk pengadaan tahun anggaran 2024," kata Kepala Disarpustaka Kapuas, Dr. H Suwarno Muriyat, Senin (25/3/2024). 

Menurut Suwarno, pengadaan buku-buku itu dilakukan setelah dilakukan survei guna mememuhi animo dan kebutuhan para pemustaka yang datang ke perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpstakaan Kapuas.

"Delapan belas kelompok besar buku itu terdiri dari psikologi, kamus, pengasuhan anak dan keluarga, komputer dan teknologi, referensi, pendidikan dan guru, ilmu pengetahuan, upaya peningkatan kemampuan dan peminatan," ujar Suwarno.

Selain itu, lanjut mantan Kadisdik ini, tersedia pula buku tentang hukum, ilmu sosial, keagamaan, makanan dan minuman, kesehatan dan diet sehat, novel, bisnis dan ekonomi, komik, pertanian dan aneka buku anak.

Suwarno yang juga penulis puluhan buku ini menambahkan jika kini buku dimaksud sedang dalam proses pelabelan oleh bidang layanan dan pencatatan aset.

Selanjutnya beragam buku baru itu akan menempati rak sesuai nomor katalog maupun mobil perpustakaan keliling agar segera dapat dibaca oleh pemustaka.

“Dalam waktu dekat kami juga akan menambah koleksi buku digital guna menambah koleksi ratusan buku yang telah tersedia pada aplikasi iKapuas maupun Pojok Baca Digital atau POCADI," tutupnya.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama