Di Bartim, Pemprov Kalteng Salurkan 30 Ton Beras Murah

Di Bartim, Pemprov Kalteng Salurkan 30 Ton Beras Murah

SEKDA Kalteng Nuryakin secara simbolis menyerahkan paket beras murah.| foto : istimewa

TAMIANG LAYANG - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Nuryakin mewakili Gubernur Sugianto Sabran membuka kegiatan Pasar Murah, Selasa (19/3/2024) bertempat di Aula Kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur (Bartim).

Nuryakin mengatakan bahwa mendekati hari besar keagamaan seperti Hari Raya Idul Fitri biasanya harga kebutuhan akan melonjak naik. 

"Jika harga naik dan daya beli masyarakat turun maka bisa terjadi inflasi. Hal inilah yang menjadi tugas Pemprov Kalteng agar inflasi bisa stabil dan terkendali. Oleh sebab itu, diadakanlah Pasar Murah ini," ujarnya.

Nuryakin menyampaikan bahwa total beras subsidi yang disalurkan oleh Pemprov di bulan Ramadan ini sebanyak 1.420 ton untuk seluruh Kabupaten/Kota di Kalteng.

"Jadi hari ini kami Berbagi Berkah, mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat Bartim. Sudah kami pastikan pula berasnya premium dengan kualitas yang baik dan sangat layak dikonsumsi," ungkapnya.

Dijelaskan pula, Pasar Murah di Kabupaten Bartim ini tersedia 30 ton atau 3000 paket yang akan dibagi di beberapa titik kecamatan berdasarkan data yang sudah disampaikan oleh pihak kecamatan, dan untuk Kecamatan Dusun Tengah sebanyak 9 ton atau 900 paket beras murah senilai Rp175 ribu per 10kg.

Namun, Pemprov Kalteng memberikan subsidi sebesar Rp155 ribu jadi masyarakat hanya membayar dengan harga Rp20 ribu saja. 

"Khusus bagi janda, duda, ibu hamil, dan lansia akan saya subsidi lagi Rp20 ribu sehingga paketnya gratis," tukasnya.[adv]
Lebih baru Lebih lama