Buka Pasar Murah di Pulang Pisau, Wagub Edy Sampaikan Ini

Buka Pasar Murah di Pulang Pisau, Wagub Edy Sampaikan Ini

WAGUB Kalteng, Edy Pratowo menyerahkan secara simbolis paket beras murah di Kecamatan Jabiren Raya.| foto : istimewa

PULANG PISAU - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo secara resmi membuka Pasar Murah di wilayah tengah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) tepatnya di Kabupaten Pulang Pisau, Senin (18/3/2024). 

Di Pulang Pisau ini, Wagub membuka pasar murah di dua lokasi, yakni Kecamatan Jabiren Raya dan Halaman Stadion HM Sanusi, Kecamatan Kahayan Hilir.

Pasar Murah ini merupakan penyaluran beras murah sebanyak 10 kg kepada masyarakat setempat.

Saat membuka pasar murah di Kecamatan Jabiren Raya, Wagub mengatakan bahwa pasar murah ini dilaksanakan dalam rangka stabilisasi harga pangan dan juga untuk mengatasi inflasi daerah, apalagi saat ini memasuki bulan suci Ramadan.

"Pulang Pisau merupakan Lumbung Padi Kalimantan Tengah. Tahun ini akan dibangun Rice To Rice (RTR) yaitu mesin untuk penggilingan padi/pengolahan padi, yang pabrik padinya berada di Pangkoh. Tahun ini juga ada program 21 ribu hektar untuk optimasi lahan rawa," ujarnya. 

Wagub menjelaskan, kehadirannya di Kabupaten Pulang Pisau di awal Ramadan ini adalah untuk memantau harga kebutuhan bahan pokok apakah ada kenaikan atau tidak, serta membantu masyarakat yang ingin mendapatkan beras murah. 

"Di Pasar Murah Kecamatan Jabiren Raya ini ada 1500 paket beras murah senilai Rp175 ribu, namun Pemprov Kalteng memberikan subsidi sebesar Rp155 ribu, sehingga masyarakat hanya menebus dengan harga Rp20 ribu," imbuhnya. 

Wagub menambahkan, Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau juga memberikan subsidi beras sebesar Rp20 ribu untuk wilayah Jabiren Raya yang terkena banjir. 

"Ada dua Desa yang terkena banjir, yaitu Tumbang Nusa dan Tanjung Taruna," tukasnya.[adv]

Lebih baru Lebih lama