Beasiswa S1 Dianggarkan melalui ADD, Ini Kata Pj Bupati Pulang Pisau

Beasiswa S1 Dianggarkan melalui ADD, Ini Kata Pj Bupati Pulang Pisau

PULANG PISAU - Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui Alokasi Dana Desa (ADD), telah menyiapkan anggaran beasiswa bagi anak yang hendak melanjutkan pendidikan menuju perguruan tinggi strata satu (S1).

Melalui anggaran tersebut, diharapkan agar orang tua dari anak didik yang ingin mengenyam pendidikan S1 tidak khawatir harus mengeluarkan biaya cukup besar.

Sebab, anggaran yang disiapkan dari ADD itu pun tak sedikit, yakni sebesar Rp 32 juta.

"Beasiswa ini melalui anggaran ADD, karena 10 persennya dari APBD kita. Peruntukannya untuk anak berprestasi kategori tidak mampu di setiap  desa, jadi satu desa satu beasiswa," ujar Pj Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani kepada awak media, Rabu (20/3/2024).

Nunu menyebut, beasiswa yang melekat di anggaran ADD Pemerintah Desa (Pemdes) di wilayah Bumi Handep Hapakat dengan tujuan meningkatkan sumber daya manusia atau SDM sesuai potensi anak didik di desa. 

Semisal, desa ini memiliki potensi dibidang pertanian, maka penerima beasiswa tersebut dimasukan ke sekolah tinggi teknologi pertanian, tentu semuanya berbasis teknologi.

"Nanti yang menilai anak didik untuk mendapatkan beasiswa ini tentu pihak desa, karena mereka lebih memahami dan mengetahuinya. Perguruan tinggi nya pun menyesuaikan dengan potensi di desa," tutur Nunu.

"Ataupun nanti kita masukan ke P3K dan mengikuti tes CPNS. Tapi yang terpenting mereka nanti dapat mengembangkan daerah nya untuk kemajuan kabupaten kita. Beasiswanya akan dimulai di tahun 2024 ini juga, kalau tidak salah di bulan Juli," tukasnya.[manan]

Lebih baru Lebih lama