Kerjasama dengan BSSN RI, Diskominfo Barsel Gelar CSIRT

Kerjasama dengan BSSN RI, Diskominfo Barsel Gelar CSIRT


BUNTOK – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) bekerjasama dengan Badan Siber dan  Sandi Negara (BSSN) Republik Indonesai melaksanakan Workshop Pengelolaan Computer Security Incident Response Team (CSIRT) lingkup Pemkab di aula Bappeda, Kamis (29/2/2024).

Plt Kepala Diskominfo Barsel, Mario Aan dalam laporannya yang disampaikan Sekretaris Dinas, Faridah Hadiyatul Chasanah mengatakan, tujuan Pelaksanaan Workshop Pengelolaan CSIRT adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para aparatur perangkat daerah dalam mengelola dan menanggapi insiden keamanan komputer melalui peningkatan teknis dalam mendeteksi, menganalisis dan merespons insiden keamanan komputer.

Juga memberikan pemahaman tentang teknologi keamanan yang dapat membantu dalam mendeteksi, pencegahan dan mitigasi insiden pada sistem keamanan informasi Pemkab Barsel. Ini agar sistem pemerintahan berbasis elektronik dapat berjalan dengan baik.

"CSIRT Barsel adalah tim yang menyediakan pelayanan dalam mencegah, menanggulangi dan menanggapi insiden keamanan siber, serta bertanggung jawab untuk memonitor dan mengelola berbagai isu-isu terkait dengan keamanan internet untuk menjaga aset informasi dan komunikasi dari seluruh perangkat daerah dan unit kerja lingkup Pemkab Barsel," ucap Faridah.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Barsel, Barsel Eddy Purwanto dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Mirwansyah mengatakan, keberadaan CSIRT adalah langkah strategis yang perlu diperkuat. 

CSIRT berperan sebagai garda terdepan dalam mendeteksi, mencegah, dan merespons insiden keamanan cyber.

"Dengan mengelola CSIRT dengan baik, kita dapat meningkatkan ketahanan sistem informasi Pemkab Barsel," imbuhnya.

Workshop ini juga merupakan langkah signifikan dalam upaya untuk meningkatkan keamanan informasi di lingkungan Pemkab Barsel.

“Saya berharap partisipasi aktif dari semua pihak yang hadir, untuk mengikuti kegiatan ini dengan seksama untuk bersama-sama menjaga keamanan data pemerintah, yang merupakan aset kritis bagi pelayanan masyarakat yang efisien dan terpercaya,” harapnya.

Menurutnya, Workshop ini merupakan langkah awal dalam membangun keamanan informasi di lingkungan Pemkab Barsel. 

"Dengan harapan hasil dari workshop ini sebagai pijakan menuju sistem keamanan informasi yang lebih baik dan responsif terhadap ancaman yang ada," tambahnya.[harlianto]

Lebih baru Lebih lama