Kecamatan Sungai Loban Gelar Rembuk Stunting Tingkat Kecamatan

Kecamatan Sungai Loban Gelar Rembuk Stunting Tingkat Kecamatan

BATULICIN — Usai pelaksanaan rembuk stunting di 17 Desa, Pemerintah Kecamatan Sungai Loban menggelar rembuk stunting tingkat kecamatan secara terintegrasi, dalam rangka menyusun komitmen dan rencana aksi untuk menekan angka stunting, yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan, Jumat (23/02/2024).

Rembuk stunting diikuti 17 Kepala Desa, Kapolsek, Danramil, Kepala KUA Sungai Loban, Koordinator Balai Penyuluhan KB, Ketua Tim Penggerak PKK, Balai Penyuluhan Pertanian, Kepala dan Koordinator Gizi Puskesmas Sebamban 1, Tim Pendamping Desa (TPD), Bidan Desa dan Kader Pembangunan Manusia (KPM) se Kecamatan Sungai Loban dan Undangan lainnya.

Camat Sungai Loban Agus Salim, S.Ag, M.AP dalam sambutannya mengatakan, rembuk stunting tingkat kecamatan merupakan langkah penting yang dilakukan untuk memastikan pelaksanaan rencana kegiatan intervensi pencegahan dan penurunan stunting dilakukan secara bersama-sama, dengan komitmen dan aksi yang intens baik itu dari pemerintah, Tim Penggerak PKK, Kader posyandu, bidan desa, dan semua lintas sektor, karena hal ini merupakan kunci keberhasilan dalam pelaksanaan pencegahan stunting.

Kegiatan ini untuk menyampaikan hasil analisis situasi dan rancangan rencana kegiatan intervensi penurunan stunting ditingkat kecamatan secara terintegrasi, kemudian mendeklarasikan komitmen pemerintah kecamatan dan desa, serta menyepakati rencana kegiatan intervensi penurunan stunting.

Hasil kegiatan rembuk stunting akan menjadi dasar gerakan penurunan stunting kecamatan melalui integrasi program/kegiatan yang dilakukan lintas sektor dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

Ia mengajak semua lintas sektor melakukan segala upaya sehingga target Kecamatan maupun Pemerintah Daerah dalam penurunan angka stunting bisa terealisasi.

Ditambahkannya, untuk pemberian makanan tambahan (PMT), tingkat kehadiran anak keposyandu, SDM Kader Posyandu serta apa saja penyebab anak menjadi stunting, perlu diperhatikan dan menjadi catatan penting bersama dalam melakukan intervensi stunting.

Sementara itu, Kepala Desa Sungai Loban Muhammad Afif mengungkapkan sudah melakukan beragam inovasi dalam menekan angka stunting diantaranya memberikan dorprizee bagi anak yang hadir posyandu, menyediakan aneka makanan yang berbeda sesuai dengan usia anak, menyediakan aneka permainan edukasi anak dan lainnya.

Ditambahkannya di Desa Sungai Loban terdapat dua posyandu yakni Posyandu Cempaka dan Posyandu Harapan Sehat, selain itu, Desa Sungai Loban juga akan mewakili Kecamatan Sungai Loban dalam lomba menu serba ikan Tingkat Kabupaten Tanah Bumbu.[ade]

Lebih baru Lebih lama