Gelar Pasar Penyeimbang, Pemprov Kalteng Juga Salurkan Bantuan Jalur Sungai

Gelar Pasar Penyeimbang, Pemprov Kalteng Juga Salurkan Bantuan Jalur Sungai

WAKIL Gubernur Kalteng, Edy Pratowo saat membuka pasar penyeimbang di Kantor Kelurahan Jingah.| foto : istimewa

MUARA TEWEH - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) di bawah pimpinan Gubernur, Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur, Edy Pratowo komitmen untuk secara konsisten fokus dalam penanganan inflasi di wilayah tersebut.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan pasar penyeimbang bisa mengurangi beban yang diakibatkan pasca banjir," tutur Wakil Gubernur Kalteng saat meninjau sekaligus membuka Pasar Penyeimbang/Pasar Murah di wilayah Kabupaten Barito Utara (Barut) yang digencarkan oleh Pemprov Kalteng, Kamis (1/2/2024).

Wagub turut mengapresiasi Pemkab Barut yang sudah bisa mengatasi dengan cepat dan sigap proses penanganan banjir sehingga masyarakat tidak ada mengalami masalah seperti meninggal dunia.

Lanjut disampaikan, pasar penyeimbang ini sekaligus untuk melihat kondisi di lapangan seperti harga bahan pokok.

"Kita tidak ingin adanya inflasi di pasar-pasar. Dengan adanya kondisi banjir, jangan-jangan harga pasokan bahan sembako mengalami kenaikan. Sehingga, intervensinya adalah melalui pasar penyeimbang supaya harga pokok tetap stabil," imbuhnya.

Wagub berharap setelah pasca banjir masyarakat kembali pulih sediakala. Kedepannya diharapkan juga supaya masyarakat bisa mengantisipasi terhadap bencana banjir. 

Wagub meminta kepada Bupati Barut agar segera menyelesaikan Bendungan Sungai Lahei untuk mengatasi banjir yang hampir terjadi setiap tahun.

Sementara itu, Pj Bupati Barut, Muhlis mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Kalteng khususnya Gubernur Sugianto Sabran dan Wakil Gubernur Edy Pratowo yang senantiasa memperhatikan masyarakat yang membutuhkan agar bisa diberi bantuan.

"Alhamdulilah sebagian besar masyarakat yang menerima bantuan merupakan masyarakat yang terdampak banjir beberapa waktu lalu dan Alhamdulilah mereka tetap sehat," tandasnya.[adv]

Lebih baru Lebih lama