Gubernur Sugianto Buka Pasar Penyeimbang di Kapuas, Ribuan Paket Sembako Akhirnya Digratiskan

Gubernur Sugianto Buka Pasar Penyeimbang di Kapuas, Ribuan Paket Sembako Akhirnya Digratiskan

GUBERNUR Kalteng, H. Sugianto Sabran didampingi Wagub H. Edy Pratowo dan Pj Bupati Kapuas usai membuka pasar penyeimbang di Kab. Kapuas.| foto : zulkifli

KUALA KAPUAS - Pasar penyeimbang atau pasar murah yang digelar Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kali ini digelar di wilayah Kabupaten Kapuas, Sabtu (27/1/2024).

Pasar murah dalam rangka pengendalian inflasi ini dibuka langsung oleh Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo.

Sementara pasar  penyeimbang ini digelar di tiga titik lokasi, yakni kawasan Stadion Panunjung Tarung  Jalan Maluku Kuala Kapuas, Kecamatan Kapuas Murung dan Kecamatan Kapuas Timur.

Paket sembako yang disediakan total sebanyak 8.000 paket yang diberikan secara bertahap. Untuk tahap pertama diberikan sebanyak 3.000 paket.

Sementara itu, di Kantor Kecamatan Kapuas Timur Kecamatan Kapuas Timur dan Kantor Kelurahan Palingkau Baru Kecamatan Kapuas Murung dibuka oleh Wakil Gubernur Kalteng. Masing-masing lokasi tersebut menyediakan sebanyak 1.500 paket sembako.

Saat membuka pasar murah di Kecamatan Selat, Gubernur H. Sugianto Sabran menekankan pemerintah daerah setempat agar senantiasa memperhatikan masyarakat yang membutuhkan agar bisa diberi bantuan.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini juga menyerap aspirasi dan menyapa warganya.

Sugianto menanyakan langsung kendala apa saja yang dirasakan masyarakat sembari mencari solusi bersama.

Sementara Wakil Gubernur H. Edy Pratowo menambahkan kehadiran Gubernur bersama Ketua TP-PKK Kalteng dan rombongan untuk menyapa dan bersilaturahmi dengan masyarakat sekaligus menghadir giat pasar penyeimbang. 

"Tujuan digelarnya pasar penyeimbang ini dalam rangka menjaga stabilisasi harga kebutuhan bahan pokok di pasar agar tetap terkendali," ungkap Edy Pratowo.

Lanjut mantan Bupati Pulpis ini pasar penyeimbang yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah terus berlanjut selama beberapa bulan ke depan.

Wagub mengajak seluruh masyarakat turut serta mendukung program pembangunan di Kalteng yang sedang berlangsung maupun yang sudah dijalankan.

Sebagai informasi, paket sembako yang diberikan kepada masyarakat di tiga lokasi senilai Rp150 ribu per paket.

Sama seperti sebelumnya, paket sembako ini disubsidi Pemerintah Provinsi sebesar 130 ribu rupiah dan disubsidi lagi oleh Gubernur sebesar 20 ribu rupiah, sehingga paket sembako tersebut digratiskan untuk masyarakat. Paket sembako yang diberikan pada pasar penyeimbang di lokasi tersebut berisi beras, gula pasir, minyak goreng, sarden dan mie instan per paket.

Turut hadir dalam acara pembukaan pasar penyeimbang tersebut, Anggota DPR RI Dapil Kalteng sekaligus Ketua Umum DAD Kalteng H. Agustiar Sabran, Ketua TP-PKK Provinsi Kalteng Ivo Sugianto Sabran, serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemprov Kalteng dan Pemkab Kapuas.[rls/zulkifli]
Lebih baru Lebih lama