Ikan Paus Ini Diduga Terdampar di Pesisir Laut Cemantan

Ikan Paus Ini Diduga Terdampar di Pesisir Laut Cemantan

PULANG PISAU - Sejumlah pengguna WhatsApp dikejutkan dengan informasi penemuan ikan besar terdampar di muara laut Desa Cemantan, Kecamatan Kahayan Kuala, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Kamis (9/11/2023) pagi.

Dari video pendek tersebar di WhatsApp, ikan berukuran besar dan cukup panjang itu terdampar dan menjadi tontonan warga. 

Sampai-sampai bagian punggung ikan dinaiki beberapa orang. 

Belum diketahui persis jenis ikan apa, namun warga menduga ikan besar tersebut diduga merupakan jenis ikan paus.

Kepada awak media ini, Kamis (9/11/2023), Sekretaris Desa (Sekdes) Cemantan Helman membenarkan bahwa peristiwa penemuan ikan besar tersebut benar terjadi di wilayah perairan laut Cemantan.

"Benar, pertama kali ditemukan warga nelayan kita. Ikan terdampar di pesisir laut cemantan dalam keadaan sudah mati, penemuannya Rabu pagi kemarin sekitar jam 7, dan saat ini bangkai ikannya masih ada," katanya.

"Cuman untuk jenis ikannya kita belum tahu, apakah itu memang ikan paus atau jenis ikan besar lainnya kita belum tahu," ujar Helman menambahkan.

Atas penemuan ini, dikabarkan cukup menghebohkan warga, khususnya warga Bahaur. 

"Sebelumnnya ikan besar seperti ini pernah ditemukan di wilayah pesisir laut Desa Kiapak (Kecamatan Kahayan Kuala),," ujar Lehen warga Bahaur kepada awak media ini singkat

Camat Kahayan Kuala H Daulay saat dikonfirmasi turut membenarkan atas peristiwa penemuan ikan besar di wilayah laut Cemantan.

"Iya mas benar, kita juga baru dapat kabar dari pak Sekdes Cemantan. Namun ikannya sudah mati," katanya.

Sementara informasi dihimpun, bangkai ikan besar yang diduga tersebut sudah dibawa oleh warga desa sekitar menggunakan beberapa perahu dan gadingnya pun dibagikan.[manan]

Lebih baru Lebih lama