BPBD Tanah Bumbu Keluarkan Peringatan Dini Potensi Banjir Rob

BPBD Tanah Bumbu Keluarkan Peringatan Dini Potensi Banjir Rob

BATULICIN — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu mengeluarkan peringatan dini terhadap potensi banjir pesisir atau rob pada November 2023.

Memperhatikan dari prakiraan BMKG Kalimantan Selatan, potensi banjir rob akan terjadi akibat adanya fenomena fase bulan baru atau Super New Moon.

Kepala pelaksana (Kalaksa) BPBD H Sulhadi mengatakan, fenomena tersebut berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum di wilayah pesisir Kalimantan Selatan serta berdampak terhadap aktivitas masyarakat. Minggu (12/11/23).

"Hal ini berdampak pada terganggunya aktivitas keseharian masyarakat, transportasi di pelabuhan dan pesisir. Seperti kegiatan bongkar muat dipelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir serta perikanan di darat,"ucapnya, Minggu (12/11/23)

Pasang air laut maksimum berpotensi di Kotabaru yang berdampak pada perairan Kabupaten Tanah Bumbu pada pukul 17.00-22.00 wita dengan ketinggian gelombang maksimum mencapai tiga meter.

Untuk mengantisipasi potensi terjadinya bencana, maka BPBD mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar lebih meningkatkan kewaspadaan dini terutama di saat melakukan aktivitas di luar rumah.

“Bagi masyarakat yang berada di sekitar pesisir agar terus waspada, kemungkinan akan terjadi gelombang tinggi dan naiknya air pasang laut," ungkapnya 

Selain itu, dihimbau kepada para nelayan menunda sementara aktivitas melaut apabila kondisi cuaca membahayakan bagi keselamatan,” tegas Sulhadi.[ade]

Lebih baru Lebih lama