Rakor, Bupati Zairullah Ingatkan Peran, Tugas dan Tanggung Jawab RT

Rakor, Bupati Zairullah Ingatkan Peran, Tugas dan Tanggung Jawab RT

BUPATI Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar saat bersilaturahmi dan Rapat Koordinasi bersama forum RT di Kantor Kecamatan Sungai Loban.| foto : istimewa

BATULICIN — Menggelar silaturahmi sekaligus rapat koordinasi bersama Forum RT se-Kabupaten Tanah Bumbu, HM Zairullah Azhar mengingatkan kembali pentingnya peran, tugas dan tanggung jawab RT dalam melayani warganya.

Hal itu disampaikannya saat menghadiri rakor bersama forum RT di Kantor Kecamatan Sungai Loban, Selasa (23/05/2023).

Kedatangan Abah Zairullah beserta rombongan disambut hangat oleh Camat, seluruh Kepala Desa dan RT se-Kecamatan Sungai Loban.

"Pertemuan ini akan menjadi sejarah untuk Kabupaten Tanah Bumbu, karena pertemuan ini berbicara mengenai peran RT, karena kekuatan desa akan semakin tajam dengan memperkuat peran RT," kata Abah Zairullah.

Sebagai seorang pemimpin seperti Camat, Kepala Desa dan Ketua RT merupakan suatu berkah ketika selalu siap dan ikhlas melayani masyarakatnya, dan dengan membangun silaturahmi maka tugas dan tanggung jawabnya dalam mendukung kepala desa akan semakin kuat.

Memiliki tugas dan tanggung jawab harus dipertanggungjawabkan dengan dijalankan dan dilaksanakan, khusus masalah sosial diantaranya anak yatim jangan sampai terbengkalai, janda, difabel dan penyandang disabilitas, warga miskin khususnya miskin ektrim diharapkan untuk lebih diperhatikan. 

Sehingga bantuan-bantuan yang disalurkan oleh Pemerintah benar-benar tepat sasaran, dan dirasakan manfaatnya.

"Memperhatikan fasilitas Masjid, agar Masjid menjadi lebih indah dan anak-anak semakin betah ke Masjid sehingga mampu mencetak generasi penghapal Al-Quran," harap Bupati.

Abah Zairullah menambahkan, Tanah Bumbu harus menjadi Kabupaten yang memberikan masyarakat peluang untuk terus berkembang dan maju, harus memiliki konsep mendorong orang-orang kuat untuk bersama-sama membangun, karena bentuk seperti ini lah sebagai wujud kita berterimakasih kepada masyarakat.

Sementara itu, Camat Sungai Loban Agus Salim, S.Ag,.MAP menyampaikan RT harus memahami dan mengetahui update data warganya, jumlah kepala keluarga, laki-laki maupun perempuan, karena setiap bulan pasti ada perubahan data baik penambahan maupun pengurangan penduduk, seperti ada yang melahirkan atau meninggal dunia, pindah ataupun datang. 

"Dari total 147 RT se-Kecamatan Sungai Loban, RT harus memahami dan mengetahui kriteria penduduk, seperti kriteria lansia, jompo dan yatim piatu, agar mempermudah dalam penyaluran bantuan," kata Agus Salim.

Ia juga mengharapkan RT untuk mengetahui potensi wilayahnya, apakah memiliki wisata atau UMKM yang perlu dikembangkan, dan turut serta memperkenalkan dan membantu dalam peningkatan produk maupun kemasan produk tersebut.[ade]

Lebih baru Lebih lama