Promosi Pariwisata, Festival Budaya Nansarunai Jajaka 2023 Resmi Digelar

Promosi Pariwisata, Festival Budaya Nansarunai Jajaka 2023 Resmi Digelar

PEMUKULAN gong oleh Wabup Habib Said Abdul Saleh didampingi Kepala Forkompimda tanda pembukaan Festival Nansanurai Jajaka 2023.| foto : istimewa

TAMIANG LAYANG - Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Pemkab Bartim) kembali menggelar Festival Nansarunai Jajaka tahun 2023 dengan sejumlah rangkaian kegiatan, yakni penampilan tarian adat budaya, perlombaan dan keterlibatan penyajian dari UMKM serta sejumlah hiburan yang terlaksana selama lima hari kedepan.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh dan turut hadir Kepala Forkompimda serta Kepala OPD yang digelar di Ruang Terbuka Hijau Kota Tamiang Layang, Jumat (5/5/2023). 

Bupati Bartim Ampera AY Mebas dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wabub menyampaikan bahwa kegiatan Festival Nansarunai Jajaka 2023 tersebut merupakan kegiatan tahunan yang menjadi tradisi untuk masyarakat Bartim.

"Dengan adanya Festival Budaya Nansarunai Jajaka ini, kita ingin menggugah ingatan dan mengenalkan kembali berbagai Kebudayaan dan Kesenian yang pernah ada, tumbuh dan berkembang di daerah kita beberapa dasawarsa yang lalu dan kita ingin anak-anak kita serta generasi muda pada umumnya, dapat kembali mencintai dan menggemari berbagai kesenian dan permainan rakyat sebagai warisan
leluhur bangsa," sebutnya.

"Selain ingin membentengi anak-anak dan generasi muda kita dari berbagai pengaruh budaya yang negatif seraya menumbuhkan kecintaan terhadap Budaya sendiri," terangnya.

Dikatakannya, kegiatan Festival Budaya Nansarunai Jajaka itu juga diharapkan menjadi salah satu ajang promosi pariwisata daerah dalam rangka memperkaya atensi pariwisata nasional. 

"Kita ingin kesenian dan permainan rakyat dapat menjadi salah satu atraksi dan daya tarik wisata yang pada saatnya nanti tidak saja disenangi Wisatawan Nusantara tetapi juga disenangi Wisatawan Mancanegara," harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Wabup menyampaikan kepada semua pihak yang punya kepedulian terhadap pengembangan Seni Budaya tersebut.

"Saya imbau marilah kita satukan langkah untuk secara bersama-sama memajukan Seni Budaya Daerah," imbaunya.

Selain itu, Wabub juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tulus terutama kepada para peserta dari Kecamatan serta semua pihak yang telah membantu kegiatan tersebut.[siti]

Lebih baru Lebih lama