Pemkab Bartim Teken MoU dengan BNNP Kalteng, Ini Tujuannya

Pemkab Bartim Teken MoU dengan BNNP Kalteng, Ini Tujuannya

TAMIANG LAYANG - Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Pemkab Bartim) melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Tengah (Kalteng) tentang lembaga rehabilitas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (Napza) yang digelar di ruang rapat Kantor Bupati setempat, Rabu (17/5/2023).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Bartim, Habib Said Abdul Saleh, Kepala BNNP Kalteng Brigjen Pol Sumirat Dwiyanto, Direktur RSUD Tamiang Layang dr Vinny Safari dan Forkompimda serta beberapa Kepala Organisai Perangkat Daerah (OPD).

"Kita mengapresiasi dan menyambut baik penandatanganan perjanjian kerjasama antara RSUD Tamiang Layang dengan BNN Provinsi Kalteng tentang lembaga rehabilitasi Napza mitra BNN dan peninjauan fasilitas rehabilitas rawat inap di RSUD Tamiang Layang," ucap Bupati Bartim Ampera AY Mebas melalui Wabup.

Dalam upaya penanganan penyalahgunaan narkotika, lanjutnya, Pemkab Bartim memberikan dukungan melalui lembaga rehabilitasi Napza mitra BNN yang bertempat di RSUD Tamiang Layang dan berperan sebagai tempat rehabilitasi medis (detoksifikasi).

"Harapannya, dengan adanya lembaga rehabilitasi Napza di Kabupaten Bartim sebagai bentuk kerjasama BNN Provinsi Kalteng dengan RSUD Tamiang Layang dapat memberikan layanan rehabilitasi yang sesuai dengan kebutuhan bagi para korban penyalahgunaan narkoba," tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan bahwa para korban penyalahgunaan narkoba mampu kembali pulih dan produktif di masyarakat.

Ditambahkan, dalam menangani permasalahan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN) diperlukan sinergi yang harmonis dari semua pihak terutama dari penyelenggara layanan rehabilitasi yaitu RSUD Tamiang Layang, masyakarat,
dan BNN.

"Sebagai langkah awal, penandatanganan perjanjian kerjasama hari ini diharapkan dapat membangun harmonisasi dan hubungan baik antara Provinsi dan Kabupaten dalam mendukung program ini. Semoga Kabupaten Bartim sehat dan bebas dari narkoba," tukasnya.[siti]

Lebih baru Lebih lama