Legislator Barsel Ini Minta Inventarisir Bangunan Pustu Rusak

Legislator Barsel Ini Minta Inventarisir Bangunan Pustu Rusak

BUNTOK – Anggota DPRD Barito Selatan (Barsel), Raden Sudarto menyarankan agar instansi terkait menginventarisir bangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Poskesdes yang kondisinya rusak di sejumlah desa di Bumi Batuah.

"Pada saat pembahasan beberapa waktu lalu, kita meminta agar dinas terkait menginventarisir Pustu dan Poskesdes yang kondisinya mengalami kerusakan,” ucapnya, Selasa (23/5/2023).

Menurut wakil rakyat ini, inventarisir sejumlah bangunan Pustu dan Poskesdes yang mengalami kerusakan itu agar perehabannya bisa dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Hal itu mengingat anggaran untuk bidang kesehatan dalam APBD itu, sebesar 20 persen dan kalau dianggarkan untuk perbaikan Pustu dan Poskesdes masih bisa dilakukan.

Perehaban ini penting agar masyarakat desa bisa berobat pada Pustu, dan begitu juga untuk bangunan Poskesdes untuk bidan desa.

Untuk perbaikan Pustu dan Poskesdes ini, lanjut dia, memang ada mengalami kendala. Setelah dikonsultasikan dengan Dinas Kesehatan, kendalanya karena pembangunannya menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan program menggunakan DAK ini dalam setiap tahunnya berbeda dengan tahun sebelumnya.

“Kalau tahun ini programnya untuk pembangunan Puskesmas, maka anggarannya tidak bisa dilakukan untuk perehaban Pustu dan bila dihibahkan juga mengalami kesulitan sebab berkaitan dengan aset,” pungkas politisi PDIP ini.[deni]

Lebih baru Lebih lama