Kalteng Expo 2023 Resmi Ditutup, Transaksi Capai 7 Miliar Rupiah

Kalteng Expo 2023 Resmi Ditutup, Transaksi Capai 7 Miliar Rupiah

PALANGKA RAYA - Gubernur H Sugianto Sabran melalui Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah (Sekda Kalteng) H Nuryakin menutup secara resmi Kalteng Expo Tahun 2023 yang terpusat di area Pameran Temanggung Tilung, Palangka Raya, Minggu (21/5/2023) malam.

Nuryakin saat membacakan amanat tertulis Gubernur menyampaikan, agenda tahunan Kalteng Expo adalah bentuk komitmen Pemprov Kalteng dalam upaya mempromosikan potensi daerah dan produk unggulan yang ada di Kalteng serta sekaligus mendorong pemulihan ekonomi di Bumi Tambun Bungai itu.

"Adapun salah satu kiat kita untuk memperkenalkan potensi produk unggulan Kalimantan Tengah kepada masyarakat luas, terutama kepada pembeli, investor atau calon investor, yaitu dengan aktif mengikuti pameran dalam dan luar negeri, ataupun dengan melaksanakan pameran sendiri, seperti Kalteng Expo Tahun 2023 ini yang juga salah satu rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari Jadi ke-66 Provinsi Kalimantan Tengah," tuturnya.

Ia berharap, melalui kegiatan seperti ini dapat menarik minat investor dalam dan luar negeri untuk berinvestasi di Kalteng.

Selain itu, lanjutnya, untuk memupuk kepercayaan dan kecintaan masyarakat terhadap produk dalam negeri, agar dapat bersaing di pasar domestik dan bahkan global. 

Kegiatan ini juga, bebernya, salah satu upaya mendukung Program Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI).

"Seperti kita ketahui bersama, Kalteng Expo tahun 2023 berlangsung meriah dan mendapat minat besar, masyarakat sangat menyambut gembira dan antusias, yang tampak dari padatnya para pengunjung, baik di stand indoor maupun outdoor," imbuhnya.

Menurutnya, hal tersebut menunjukkan keingintahuan masyarakat terhadap produk-produk yang dipamerkan atau ditampilkan, baik pada stand Kabupaten/Kota, Perangkat Daerah Provinsi Kalteng maupun para pelaku usaha UMKM/IKM.

"Atas nama masyarakat dan Pemprov Kalteng, saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada panitia penyelenggara, EO, para peserta, dan semua pihak yang telah mendukung kegiatan, sehingga Kalteng Expo 2023 ini dapat berjalan baik, lancar, dan sukses," tandasnya.

Sementara itu, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Leonard S Ampung dalam laporannya menyampaikan selama pameran berlangsung diperkirakan jumlah masyarakat yang mengunjungi pameran Kalteng Expo sebanyak kurang lebih 9.000 orang perharinya dengan total omzet penjualan kurang lebih Rp7 Milyar, omzet transaksi ini masih bergerak hingga laporan ini disampaikan.  

Leo mengatakan dalam rangka menyukseskan peringatan Hari Jadi Provinsi Kalteng yang ke-66, Pemprov juga menyelenggarakan Pameran Kesempatan Kerja (Job Fair) yang dilaksanakan sejak tanggal 17 Mei hingga 21 Mei 2023, hingga pada pelaksanaannya mendapatkan animo dan dukungan dari berbagai Perusahaan dan Dunia Usaha untuk menyerap semakin banyak tenaga kerja dari masyarakat Kalteng.[kenedy/adv]

Lebih baru Lebih lama