Jelang Idul Adha 1444 H, Pemkab Balangan Awasi Kesehatan dan Sistem Distribusi Hewan Kurban

Jelang Idul Adha 1444 H, Pemkab Balangan Awasi Kesehatan dan Sistem Distribusi Hewan Kurban

KABID Peternakan DKP3 Balangan, Mariani.| foto : istimewa

PARINGIN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan melalui Bidang Peternakan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), terus melakukan upaya pendataan, pengawasan serta sistem distribusi hewan kurban jelang Idul Adha 1444 H. 

Kepala Bidang Peternakan DKP3 Balangan, Mariani mengatakan, sesuai data stok hewan kurban yang masuk sudah terdata  sapi 211 ekor, dan kambing 18 ekor. 

Menurutnya, data tersbut akan terus bertambah hingga Hari Raya Idul Adha. Karena bagi Mariani, masih  banyak peternakan dan distribusi yang akan melaporkan hewan kurban hingga jelang Idul Adha. 

"Kita berkaca tahun lalu saat Pandemi saja, sebanyak 484 ekor hewan kurban yang di potong saat perayaan Hari Raya Idul Adha. Sehingga tahun ini kemungkinan bisa lebih banyak lagi," ucap Mariani saat ditemui di kantornya, Paringin Selatan, Kamis (25/5/2023).

Kemudian pihaknya akan terus melakukan pendataan, pengawasan serta sistem distribusi hewan kurban di Balangan agar berjalan lancar dan aman. 

Bahkan tambahnya, hewan kurban yang telah masuk laporannya akan dilakukan survei untuk dilakukan pemeriksaan antarmutem pada hewan kurban. 

"Tahun lalu Balangan Allhamdulilah terbebas dari PMK, dan untuk tahun ini PMK pada hewan kurban aman," ucapnya.

Ia juga berpesan kepada Peternakan hewan kurban, dalam menyalurkan distribusi hewan kurban dapat memelihara kesehatan dan bisa memenuhi gizi hewan.[agus/adv]
Lebih baru Lebih lama