Hampir 100 Persen Warga Balangan Terlindungi dengan BPJS Kesehatan

Hampir 100 Persen Warga Balangan Terlindungi dengan BPJS Kesehatan

PELAYANAN yang diberikan Kantor BPJS Kesehatan di Balangan.| foto : istimewa

PARINGIN - Komitmen Pemerintah Kabupaten Balangan dalam melindungi warganya dengan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terbukti. 

Dari jumlah penduduk Balangan  kurang lebih sekitar 132 213,00 jiwa, sudah hampir 100 persen penduduk Balangan terdaftar sebagai peserta JKN KIS. 

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Balangan, Basnah mengatakan, secara menyeluruh warga Balangan terlindungi JKN KIS  dari program Universal Health Coverage (UHC). 

"Pada 1 Mei, sudah mencapai 99,43 persen dari total penduduk Balangan terdaftar JKN KIS," uca Basnah di Paringin, Selasa (23/5/2023). 

Kemudian lanjut Basnah, dari 99,43 persen terdapat 91,89 persen peserta JKN KIS yang aktif. Dari data tersebut, tambahnya, JKN KIS tersentuh hingga ke pelosok Desa terpencil di Balangan. 

"Rata-rata warga di pelosok telah terdaftar JKN KIS dibantu melalui perangkat desa," ucapnya. 

Karena menurut Basnah, Kabupaten Balangan sudah UHC, oleh karenanya  warga Balangan bisa langsung mendaftarkan dan langsung aktif. 

"Untuk warga Balangan yang belum terdaftar jadi peserta JKN KIS, bisa datang ke kantor BPJS Kesehatan Paringin, atau mengirimkan NIK atau KK kepada kami nanti akan kami proses," tutupnya.[agus/adv]
Lebih baru Lebih lama