Dinas Kesehatan Kapuas Gelar Pelatihan Penggunaan Faskes SITB

Dinas Kesehatan Kapuas Gelar Pelatihan Penggunaan Faskes SITB

FOTO bersama usai pelatihan penggunaan SITB oleh Dinkes Kapuas.| foto : istimewa

KUALA KAPUAS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas telah melaksanakan pelatihan secara offline sumber daya manusia di fasilitas kesehatan (faskes) pada  SITB (sistem informasi tuberkolosis).

"Kegiatan pelatihan SITB ini dilaksanakan kemaren Kamis 25 Mei 2023 yang diikuti oleh tenaga laboratorium dan farmasi," kata Plt. Kepala Dinkes Kapuas, dr. Tonun Irawaty Panjaitan Plh Kadinkes Pandit, Rabu (31/5/2023).

Lanjutnya, pelatihan bertujuan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pengelola laboratorium dan petugas farmasi dalam pencatatan dan pelaporan SITB. 

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, peserta dapat memahami fitur-fitur di SITB dan dapat mengimplementasikan pengisian data secara rutin dan benar di SITB serta mengoptimalkan penggunaan aplikasi SITB sehingga mendapatkan data temuan kasus TB yang valid," harapnya.

Adanya peserta pelatihan ini yakni tenaga laboratorium dan farmasi dari 26 Puskesmas, klinik rutan, Klinik Polres, IFK Kabupaten dan Labkesa Kabupaten Kapuas.

Narasumber pelatihan dari Dinas Kesehatan Kepala Bidang P2P, dr.H.Ahmad Haspiani M.M.Kes, dari Labkesda Hormat Br.Sembiring,A.Md.AK dan IFK Prima Nur Novyanti A.Md.Far.[zulkifli]
Lebih baru Lebih lama