Bartim jadi Tuan Rumah Pelaksanaan Rakor TPAKD Wilayah Timur bersama OJK

Bartim jadi Tuan Rumah Pelaksanaan Rakor TPAKD Wilayah Timur bersama OJK

TAMIANG LAYANG - Pemerintah Kabupaten Barito Timur (Pemkab Bartim) dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) wilayah timur bersama Otiritas Jasa Keuangan (OJK).

Rakor yang berlangsung di ruang rapat Bupati tersebut dibuka oleh Bupati Bartim, Ampera AY Mebas, Senin (15/5/2023).

Nampak hadir pada rakor itu, diantaranya Kepala OJK Regional 9 Kalimantan Darmansyah, Kepala OJK Kalteng  Otto Fitriandy, TPAKD dari Kabupaten Bartim, Barsel, Barut dan Murung Raya, Kepala Kemenag, Kepala Bank Kalteng Cabang Tamiang Layang Soleman Hukubun, Perwakilan Bank BRI, Bank Mandiri serta lainnya.

Usai membuka kegiatan, Bupati Ampera kepada awak media mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik kedatangan OJK ke Bartim.

"Saya berterima kasih menjadi tuan rumah pada Rakor TPAKD khususnya bagian Timur yaitu dari Barito Timur," ucapnya.

Orang nomor satu di Gumi Jari Janang Kalalawah ini mengingatkan agar dalam rapat koordinasi yang dilakukan dapat bermanfaat dan meningkatkan proses layanan keuangan.

"Mungkin dalam keadaan ini adalah bagaimana caranya TPAKD itu bisa berjalan dengan baik juga dalam layanan keuangan dan nantinya ini juga yang memberikan pemahaman efektif agar dapat kita mendorong akses keuangan kita," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga berharap agar dengan hadirnya OJK bisa mengakses keuangan dan berupaya menjalankan program dengan baik. 

Sementara, Kepala OJK Regional 9 Kalimantan mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Bupati Bartim yang telah menjadi tuan rumah pada rakor tersebut.

"Hari ini kita melakukan rapat koordinasi TPAKD, di sini kita harus mengetahui program dari seluruh kabupaten wilayah timur Provinsi Kalimantan Tengah, dan ini tidak ada tidak hanya pengukuhan saja tetapi harus ada program nyata ke masyarakat," ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, terkait program-program yang akan dilakukan adalah supaya akses keuangan kepada masyarakat itu terbuka seluasnya, baik itu akses dalam konteks pembiayaan yang murah maupun akses untuk penggunaan jasa layanan keuangan khususnya perbankan maupun non bank.

"Kami sangat senang, pak Bupati Barito Timur maupun Bupati lainnya di wilayah timur pada kegiatan tpkad dan tentu mungkin membuat masyarakat lebih sejahtera dengan dapatnya akses keuangan pembiayaan khususnya dari pembiayaan murah khususnya dari lembaga jasa keuangan," tuturnya.

Ia mengharapkan, program tersebut tidak hanya di Provinsi Kalteng namun hampir seluruh Provinsi di Indonesia dapat menjalankan program tersebut 

"Untuk wilayah timur Kalimantan Tengah ini kita adakan di Barito Timur karena memang kita melihat dukungan bupati yang luar biasa, dan tentu kita harapkan Barito Timur menjadi tempat dan sukses seperti yang lain yang sudah kita lakukukan," pungkasnya.[siti]

Lebih baru Lebih lama